Kami sudah selesai membersihkan Jakarta pukul 05.00 WIB sesuai target
Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengumpulkan sebanyak 74 ton sampah pada perayaan malam tahun baru 2023 atau lebih rendah 40 persen dibandingkan tahun 2020 sebelum pandemi sebanyak 125 ton.

"Kami sudah selesai membersihkan Jakarta pukul 05.00 WIB sesuai target," kata Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, Minggu.

Dinas Lingkungan Hidup DKI mengumpulkan 74 ton sampah  dari sejumlah lokasi di lima wilayah administrasi DKI Jakarta.

Adapun  lokasi itu di antaranya  di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Thamrin 10 Jakarta Pusat, dan sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman, Jakarta Pusat.

Kemudian di Kantor Wali Kota Jakarta Utara dan Jakarta Barat, Setu Babakan di Jakarta Selatan, Old Shanghai di Jakarta Timur, dan Pulau Untung Jawa Kabupaten Kepulauan Seribu.

DLH DKI Jakarta mengerahkan 3.180 petugas kebersihan untuk menangani sampah setelah perayaan malam pergantian tahun di seluruh titik keramaian massa.

Petugas Penyedia Jasa Lainnya (PJLP) atau pasukan oranye itu bertugas mulai pukul 00.30 WIB pada Minggu (1/1) dini hari hingga selesai pukul 05.00 WIB.
Arsip petugas PSU membersihkan sampah plastik di Jalan Thamrin di tengah hujan deras usai perayaan malam tahun baru di Jakarta, Rabu dini hari (01/01/2020). ANTARA/Dewa Wiguna/aa.

"Seluruh pasukan serta armada dari Dinas Lingkungan Hidup sudah dimobilisasi dalam menangani kebersihan di area perayaan tahun baru pada pukul 00.30 WIB," ucap Asep.

Pada puncak acara perayaan malam tahun baru tingkat Provinsi DKI dilaksanakan di TMII, pihaknya khusus mengerahkan 600 personel dengan saranan dan prasarana berupa empat unit angkutan sampah, 10 bus toilet, dan empat unit mobil penyapu otomatis.

Untuk sarana penanganan kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan kendaraan angkut sampah 14 unit, mobil penyapu jalan otomatis 24 unit, 17 bus toilet, serta menyebar ratusan tempat sampah di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru.

Selain itu, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang juga sudah diinstruksikan untuk siaga  beroperasi selama 24 jam.
Baca juga: PJ Gubernur DKI minta warga jaga kebersihan saat nantikan tahun baru
Baca juga: Gubernur DKI ajak warganya untuk tetap kompak pada 2023
Baca juga: Penjabat Gubernur DKI ajak masyarakat optimistis membangun Jakarta

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023