Untuk sementara ini rata-rata layak jalan semua, sekarang pemeriksaan tetap berjalan di lapangan,
Jakarta (ANTARA) -
Komandan Regu Dinas Perhubungan Terminal Kampung Rambutan Lenharis Tarmizi mengatakan semua kendaraan bis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal Kampung Rambutan layak jalan berdasarkan pemeriksaan ramp check dan surat-surat kendaraan. 
 
"Untuk sementara ini rata-rata layak jalan semua, sekarang pemeriksaan tetap berjalan di lapangan,"Untuk sementara ini rata-rata layak jalan semua, sekarang pemeriksaan tetap berjalan di lapangan," ucapnya saat ditemui di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu.
 
Pemeriksaan kelengkapan surat berkendara yang dilakukan antara lain Surat Izin Mengemudi (SIM), dan surat Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Selain itu juga dilakukan pemeriksaan mesin kendaraan di ramp check pada setiap bis sebelum melakukan keberangkatan.
 
Lenharis juga mengatakan tidak ada perkiraan arus balik pada hari ini karena sebagian besar kegiatan perkantoran dan sekolah sudah mulai berjalan Senin besok (02/01). Itu juga terlihat dari pantauan ANTARA, situasi terminal terlihat tidak terlalu ramai dipenuhi penumpang.
 
Ia juga mengatakan sampai pada pukul 14:00 WIB hari ini, sudah ada 456 bis yang sudah berangkat dari 44 penyedia bis dan sudah melayani 709 penumpang. Semua bis tersebut melayani perjalanan luar kota dengan tujuan terbanyak Merak, Jawa Timur, dan Jawa Barat.
 
Untuk peningkatan penumpang, Lenharis mengatakan tidak ada kenaikan penumpang dan harga tiket yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu.
 
"Peningkatan sih enggak ada dari tahun kemarin. Untuk kenaikan tiket sih sementara ini enggak ada itu kan ngikutin pasar, tinggal menyesuaikan aja," ucapnya.
 
Selama tahun 2022, terminal Kampung Rambutan sudah melayani sebanyak 1.172.189 penumpang untuk perjalanan luar provinsi dan dengan presentase sebesar 265,60 persen dibandingkan dengan tahun 2021.

Baca juga: Tidak ada penambahan armada di Terminal Kampung Rambutan
Baca juga: Sopir bus Terminal Kampung Rambutan dilengkapi surat laik mengemudi

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023