salah satu fasilitas yang perlu ditambah di terminal itu adalah kanopi agar penumpang tidak basah ketika naik dan turun bus
Medan (ANTARA) - Pengelola Terminal Terpadu Amplas, Medan, Sumatera Utara, melakukan evaluasi atas pelayanan kepada penumpang selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 guna perbaikan pelayanan di terminal tipe A tersebut.

"Nantinya perlu ada perbaikan dan penambahan fasilitas," ujar Kepala Terminal Terpadu Amplas, Medan, Eben Ezer diTerminal Amplas, Medan, Sumut, Senin.

Eben melanjutkan salah satu fasilitas yang perlu ditambah di terminal itu adalah kanopi agar penumpang tidak basah ketika naik dan turun bus.

Kemudian, dia menambahkan, pihaknya berencana menambah tempat duduk di dalam terminal supaya penumpang semakin nyaman menunggu keberangkatan.

"Kami mengoordinasikan hal ini dengan balai," kata Eben, merujuk kepada badan yang menaungi Terminal Amplas yakni Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Arus balik di Terminal Amplas Medan melandai usai lewati masa puncak

Baca juga: Dishub Sumut sepakati pengoptimalan Terminal Amplas


Selain itu, Eben juga menyebutkan pihaknya memaksimalkan sisi bisnis di luar transportasi yakni melalui para penyewa (tenant) yang umumnya bergerak di bidang kuliner.

Di Terminal Amplas, dia menyebutkan, baru ada lima ruangan yang disewa untuk bisnis non transportasi.

Eben menyatakan bahwa bisnis non transportasi di Terminal Amplas akan dikelola oleh koperasi supaya penjualannya meningkat.

Dengan adanya koperasi, dia yakin para penyewa lapak bisnis di Terminal Amplas dapat lebih fokus mengembangkan usaha.

"Selama ini semuanya melalui kepala terminal. Dengan keberadaan koperasi, kerja bisnis nantinya lebih fokus sehingga penjualan para 'tenant' dapat lebih berkembang," tutur Eben.

Pada tahun 2024, masa angkutan Lebaran di Terminal Amplas ditetapkan pada 3-18 April 2024.

Secara total selama periode 3-14 April 2024, Eben Ezer menyatakan terjadi kenaikan keberangkatan dan kedatangan penumpang pada masa mudik dan balik di Terminal Amplas dibandingkan tahun sebelumnya.

Sepanjang rentang waktu tersebut, ada 16.377 penumpang yang berangkat dari Terminal Amplas dengan menumpang 896 bus. Adapun pada tahun 2023, jumlahnya 15.455 penumpang dengan 644 bus.

Untuk kedatangan di Terminal Amplas pada 3-14 April 2024, totalnya 2.447 penumpang dengan 130 bus, lebih banyak daripada tahun sebelumnya 2.157 orang dengan 86 bus.

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan resmikan Terminal Amplas

Baca juga: Wali Kota Medan harapkan Terminal Amplas bisa digunakan tahun ini


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024