Jakarta (ANTARA) - Bagi sebagian orang yang memasukkan resolusi terkait kesehatan saat Tahun Baru termasuk berolahraga lebih banyak atau mengubah pola makan mereka, terkadang mengalami kendala.

Ini pun dapat dialami orang yang hidup dengan penyakit kronis dan disabilitas misalnya karena tidak memiliki waktu atau tenaga untuk mengubah pola hidup terutama ketika merawat diri sendiri sudah menjadi pekerjaan penuh waktu.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat mereka lakukan untuk mewujudkan resolusi Tahun Baru. Berikut beberapa di antaranya seperti disiarkan Health, belum lama ini:

Jangan membandingkan diri dengan orang lain
Di tahun baru, seseorang mungkin mendengar lebih banyak tentang tujuan profesional yang ingin dicapai orang. Hal ini dapat menyebabkan dia bersikap keras pada diri sendiri, terutama jika tiba-tiba menghadapi gejala baru atau gejala yang memburuk, yang bisa menyita waktu.

“Sangat sulit, terutama dengan penyakit kronis di masa dewasa muda untuk membandingkan diri dengan orang lain,” kata Pendiri dan direktur eksekutif Generation Patient yang hidup dengan kolitis ulserativa Sneha Dave.

Menurut dia, seseorang berada di garis waktunya sendiri, dan tidak ada yang seharusnya membuat dia merasa tertinggal.

Luangkan waktu untuk makan siang
Salah satu resolusi yang dapat membantu orang dengan penyakit kronis dan disabilitas untuk menjaga diri mereka sendiri adalah dengan mengingat makan siang. Makan siang dapat menjadi momen untuk melepaskan diri sejenak dari pekerjaan dan memeriksa diri.


Baca juga: Berhenti merokok jadi resolusi sehat di 2023? Ini tips pakar

Baca juga: Tiga indikator penting pastikan kondisi keuangan sehat

Baca juga: Tips pilih bahan makanan agar jadi santapan sehat dan lezat

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023