China sedang memasuki minggu-minggu pandemi yang paling berbahaya
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Asia melemah pada awal perdagangan Selasa, di tengah kekhawatiran penyebaran cepat infeksi Virus Corona di China akan semakin merugikan pertumbuhan ekonomi dan menghambat rantai pasokan global, bahkan ketika pembukaan kembali akan berdampak positif dalam jangka panjang.

Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang merosot 1,3 persen lagi, setelah kehilangan seperlima dari nilainya tahun lalu.

Perdagangan saham Jepang ditutup untuk liburan umum, tetapi Nikkei berjangka diperdagangkan lebih rendah di 25.655 poin, dibandingkan dengan penutupan terakhir untuk cash index 26.094 poin.

Indeks saham unggulan China CSI 300 melemah 0,8 persen, sedangkan Indeks Hang Seng Hong Kong merosot 2,0 persen.

Survei selama akhir pekan menunjukkan aktivitas pabrik China telah menyusut dengan laju paling tajam dalam hampir tiga tahun karena infeksi COVID-19 melanda lini produksi.

"China sedang memasuki minggu-minggu pandemi yang paling berbahaya," analis di Capital Economics memperingatkan.

"Pihak berwenang sekarang hampir tidak melakukan upaya untuk memperlambat penyebaran infeksi dan, dengan dimulainya migrasi menjelang Tahun Baru Imlek, bagian mana pun dari negara yang saat ini tidak berada dalam gelombang COVID besar akan segera terjadi."

Baca juga: Saham Asia dibuka naik, pasar temukan pijakan optimis di akhir tahun

Data mobilitas menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi tertekan secara nasional dan kemungkinan akan tetap demikian sampai gelombang infeksi mulai mereda, tambah mereka.

Suasana hati-hati menyebar ke Wall Street, dengan S&P 500 berjangka turun 0,4 persen, dan Nasdaq berjangka 0,6 persen lebih rendah. EUROSTOXX 50 berjangka turun 1,4 persen dan FTSE berjangka tergelincir 0,8 persen.

Data gaji AS minggu ini diperkirakan menunjukkan pasar tenaga kerja tetap ketat, sementara harga konsumen Uni Eropa menunjukkan beberapa perlambatan inflasi karena harga energi turun.

"Efek dasar energi akan menghasilkan pengurangan inflasi yang cukup besar di negara ekonomi utama pada tahun 2023 tetapi kekakuan pada komponen inti, sebagian besar berasal dari pasar tenaga kerja yang ketat, akan mencegah 'perubahan arah' kebijakan dovish awal oleh bank sentral," analis di NatWest Markets menulis dalam sebuah catatan.

Mereka memperkirakan suku bunga mencapai 5,0 persen di Amerika Serikat, 2,25 persen di Uni Eropa dan 4,5 persen di Inggris dan tetap di sana sepanjang tahun. Pasar, di sisi lain, memperkirakan penurunan suku bunga untuk akhir 2023, dengan Fed fund berjangka menyiratkan kisaran 4,25 hingga 4,5 persen pada Desember.

Risalah pertemuan Desember Federal Reserve (Fed) yang dijadwalkan minggu ini kemungkinan akan menunjukkan banyak anggota melihat risiko bahwa suku bunga perlu naik lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama, tetapi investor akan terbiasa dengan pembicaraan tentang jeda, mengingat seberapa jauh suku bunga telah meningkat.

Sementara pasar untuk sementara memperkirakan pelonggaran AS yang mungkin terjadi, mereka salah langkah oleh bank sentral Jepang (BoJ) yang secara mengejutkan menggeser batas atas untuk imbal hasil obligasi.

BoJ sekarang sedang mempertimbangkan untuk menaikkan perkiraan inflasi pada Januari guna menunjukkan pertumbuhan harga mendekati target 2,0 persen pada tahun fiskal 2023 dan 2024, menurut Nikkei.

Baca juga: Saham Eropa memulai 2023 dengan optimis, didorong data manufaktur

Langkah seperti itu pada pertemuan kebijakan berikutnya 17-18 Januari hanya akan menambah spekulasi berakhirnya kebijakan ultra-longgar, yang pada dasarnya bertindak sebagai dasar bagi imbal hasil obligasi secara global.

Imbal hasil 10-tahun Jepang telah stabil di bawah batas baru 0,5 persen, tetapi hanya karena BoJ masuk minggu lalu dengan operasi pembelian tak terbatas.

Pergeseran kebijakan mendorong yen secara keseluruhan, dengan dolar kehilangan 5,0 persen pada Desember dan euro 2,3 persen.

Tren berlanjut pada Selasa karena dolar turun 0,5 persen ke level terendah enam bulan di 130,04 yen, setelah menembus dukungan grafik utama di 130,40. Euro jatuh ke level terendah dalam tiga bulan di 138,32 yen.

Euro stabil terhadap dolar di 1,0658 dolar, setelah menemui resistensi di sekitar 1,0715 dolar, sementara indeks dolar bertahan di 103,760.

Di pasar komoditas, emas menguat di 1.829 dolar AS per ounce dan sedikit di bawah puncak enam bulan terakhir di 1.832,99 dolar AS.

Kekhawatiran tentang keadaan permintaan global membuat harga minyak lebih rendah. Brent kehilangan 74 sen menjadi diperdagangkan di 85,17 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS turun 62 sen menjadi diperdagangkan di 79,64 dolar AS per barel.

Baca juga: Harga minyak 2023 diperkirakan naik tipis, dipicu ekonomi global lemah
Baca juga: IHSG Selasa pagi dibuka turun 10,33 poin


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023