"Kejadian berawal pada pukul 02.30 WIB yang membakar salah satu kios yang kemudian merembet membakar dan menghabiskan kios yang lainnya," katanya.
Jambi (ANTARA) - Kebakaran di pasar Ampera Kualatungkal Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) diperkirakan menghanguskan 23 kios yang habis dilahap si jago merah pada Selasa dini hari (2/1) namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanjab Barat, Iswardi saat dihubungi mengatakan kebakaran yang terjadi di Pasar Ampera berlokasi di Jalan Pelabuhan Ampera Kuala Tungkal, RT 05, Kelurahan Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir itu terjadi sangat cepat karena lokasi pasar berada di pinggiran muara dengan tiupan angin yang cukup kencang.

Berdasarkan data yang dihimpun ada sekitar 23 kios hangus dalam kejadian ini dimana dalam waktu sekitar 45 menit pihak pemadam kebakaran itu berhasil memadamkan apinya sehingga sementara itu kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah.

"Kejadian berawal pada pukul 02.30 WIB yang membakar salah satu kios yang kemudian merembet membakar dan menghabiskan kios yang lainnya," katanya.

Dalam melakukan pemadaman pihaknya menurunkan lima unit armada pemadam kebakaran itu juga diturunkan sebanyak 60 personil Damkar dibantu TNI dan Polri.

Iswardi juga menyebutkan dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan saat ini pihak kepolisian tengah menangani untuk mencari tahu apa penyebab kebakaran itu, namun api diduga muncul dari salah satu kios atau toko yang ada di Pasar Ampera dan pihak Polres yang menangani kasus kebakaran itu dan lokasi kebakaran kini diberi garis polisi guna penyelidikan.

Kota Kualatungkal Kabupaten Tanjabbar yang berjarak 80 KM dari Kota Jambi itu, merupakan daerah yang rawan terjadi kebakaran karena letak geografis nya yang rentan karena berdekatan dengan muara serta bangunan rumah warga disana juga cukup padat dan rapat yang berdiri di atas rawa muara.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023