Hampir 33 ribu ya, dari tanggal 19 Desember sampai kemarin.
Bandung (ANTARA) -
Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, mencatat terjadi peningkatan jumlah  penumpang yang menggunakan jasa penerbangan sebesar 10 persen pada momen Tahun Baru 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Excecutive General Manager Bandara Husein Sastranegara Indra Crisna Seputra mengatakan pada tahun sebelumnya tercatat ada 30 ribu penumpang, tapi pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 naik menjadi 33 ribu penumpang.
 
"Hampir 33 ribu ya, dari tanggal 19 Desember sampai kemarin," kata Indra di Bandung, Selasa.

Baca juga: Arus balik penumpang di Bandara Soetta capai 67.842 orang
 
Menurutnya 33 ribu itu merupakan angka penumpang yang berangkat dan datang. Arus balik menuju Bandara Husein Sastranegara diprediksi terjadi hingga 6 Januari 2023.
 
"Yang masih mendominasi itu keberangkatan ke Denpasar, Bali, ya. Karena market gold itu masih Denpasar dan juga Kualanamu," katanya.
 
Kemudian secara umum menurutnya pada  2022 ini penumpang pesawat di Bandara Husein meningkat sebesar 76 persen dibandingkan 2021 karena masa pandemi COVID-19.
 
Meski kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut, menurutnya Bandara Husein Sastranegara tetap menyediakan sarana pemeriksaan kesehatan kepada calon penumpang secara gratis.
 
Selain itu, kata dia, di Bandara Husein Sastranegara juga masih terdapat posko vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat  yang belum melengkapi dosis vaksin.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hataa tetap berlakukan vaksin booster bagi penumpang
 
Sejauh ini, kata dia, perjalanan pesawat di Bandara Husein baik yang berangkat maupun datang tidak mengalami hambatan apapun meski cuaca sempat ekstrem.
 
"Dari segi keamanan, Alhamdulillah pesawat kami berjalan dengan lancar," kata Indra.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023