Jakarta (ANTARA) - Berbagai informasi seputar berita Humaniora ANTARA, mulai perkembangan situasi gempa di Jayapura, Papua, hingga erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, serta sejumlah berita terpopuler pada Rabu (4/1) lainnya dapat Anda simak kembali melalui tautan berikut,

1. BMKG Jayapura prediksi gempa susulan masih akan terjadi
BMKG V Jayapura menyatakan pihaknya memprediksi gempa susulan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan di Jayapura.

Baca juga: BMKG Jayapura prediksi gempa susulan masih akan terjadi

2. Gunung Anak Krakatau kembali erupsi
Gunung Anak Krakatau, Lampung pada Rabu, 4 Januari 2023 pukul 15:09 WIB kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 3.000 meter di atas puncak (± 3.157 m di atas permukaan laut).

Baca juga: Gunung Anak Krakatau kembali erupsi

3. Banjir telah surut, Jalan Kaligawe Semarang bisa dilalui kendaraan
Banjir yang menggenangi Jalan Raya Kaligawe di Kota Semarang pada Rabu telah surut sehingga kendaraan bermotor bisa melalui jalur pantai utara (pantura) yang menghubungkan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah dengan daerah Demak, Kudus, dan Jepara tersebut.

Baca juga: Banjir telah surut, Jalan Kaligawe Semarang bisa dilalui kendaraan

4. BBMKG Jayapura catat 285 kali gempa susulan sejak Senin
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura hingga Rabu pukul 14.30 WIT mencatat 285 kali kejadian gempa bumi susulan setelah gempa dengan magnitudo 4,9 yang terjadi pada Senin (2/1) pukul 03.24 WIT di Kota Jayapura.

Baca juga: BBMKG Jayapura catat 285 kali gempa susulan sejak Senin

5. Warga korban gempa diminta tidak terima bantuan rumah dari pihak lain
BNPB meminta warga korban gempa Cianjur, Jawa Barat, tidak menerima bantuan pembangunan kembali rumah mereka dari berbagai kalangan termasuk organisasi kemanusiaan kecuali untuk hunian sementara (huntara) karena akan menggugurkan bantuan dari pemerintah.

Baca juga: Warga korban gempa diminta tidak terima bantuan rumah dari pihak lain

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023