Fasilitas ini akan memproduksi air laut desalinasi lebih dari 1.400 meter kubik per jam (m3/jam) untuk mendukung fasilitas pemurnian dan pengolahan tembaga baru milik PT Freeport Indonesia

Jakarta, Indonesia (ANTARA/Business Wire)- PT Freeport Indonesia (PTFI) telah menunjuk Black & Veatch untuk merancang dan menghadirkan fasilitas desalinasi air laut bagi Smelter Manyar di Jawa Timur, Indonesia, sebagai bagian dari komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan.

Fasilitas desalinasi air laut ini akan mendukung pengolahan konsentrat tambang dari tambang Grasberg di Papua Barat. Fasilitas peleburan dan pemurnian tembaga dalam negeri yang baru ini mendukung strategi hilirisasi Indonesia untuk lebih memurnikan hasil olahan konsentrat tambang dan memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat setempat dan Indonesia.

“Mengurangi konsumsi air sangatlah penting bagi komitmen kami terhadap pembangunan berkelanjutan. Menggunakan pasokan air alternatif merupakan kunci bagi konservasi sumber daya. Pengalaman Black & Veatch yang luas di bidang teknologi air alternatif membantu kami untuk terus mengalami pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” kata Horst-Dieter Garz, Wakil Presiden Eksekutif bidang Perencanaan Perusahaan dan Strategi Bisnis, PTFI.

Bekerja sama dengan PT. Wika sebagai rekanan dalam perjanjian operasi bersama (JOA), Black & Veatch akan bertanggung jawab dalam hal enjiniring, pengadaan, konstruksi, dan pengujian atas fasilitas desalinasi air laut ini.

“Industri pertambangan memainkan peranan sangat penting dalam perubahan global menuju masa depan berkelanjutan dan bebas karbon. Mendapatkan air dari laut akan menghemat sumber daya air tawar bagi masyarakat dan ekosistem setempat, serta memastikan masa depan air yang lebih berkelanjutan, tahan lama, dan andal. Cara ini juga meningkatkan efisiensi sekaligus mengurangi risiko operasional dan waktu henti yang mempengaruhi profitabilitas bisnis,” kata Narsingh Chaudhary, Wakil Presiden Eksekutif & Direktur Pelaksana Black & Veatch Asia Pasifik.

Lokasi fasilitas desalinasi air laut ini akan berdekatan dengan Proyek Smelter Manyar, dan akan menghasilkan air laut desalinasi lebih dari 1.400 m3/jam untuk mendukung pengolahan dan pemurnian tembaga dan logam mulia. Dirancang untuk mengolah konsentrat tembaga sebanyak 1,7 juta ton per tahun (MTPA), Smelter Manyar senilai $3 miliar ini diperkirakan akan menjadi tempat pengolahan tembaga jalur tunggal yang terbesar di dunia.

Catatan Editor:
  • BHP menunjuk Black & Veatch sebagai perancang dan engineer of record untuk proyek Escondida Water Supply Expansion (EWSE) di tambang Minera Escondida di Chili. Proyek ini memasok 100 persen air desalinasi ke tambang tembaga terbesar di dunia, sehingga tidak memerlukan air tanah.
  • Black & Veatch adalah pemimpin global dalam desalinasi, mengolah air laut, air tanah payau, dan air limbah untuk klien perkotaan dan industri di enam benua. Perusahaan ini menawarkan program layanan lengkap dengan menyesuaikan caranya menurut kebutuhan setiap klien, mulai dari layanan teknis dan desain tradisional hingga layanan rancang bangun siap pakai.
  • Black & Veatch adalah pemimpin pasar di bidang penerapan solusi inovatif seperti pembangkit listrik rendah emisi dan nol emisi, proyek energi terbarukan yang canggih, kendaraan berbahan bakar alternatif, dan penyimpanan energi. Black & Veatch membantu klien mengidentifikasi dampak operasional terhadap siklus karbon global maupun risiko dan peluang iklim; memahami perpaduan teknologi yang muncul; dan menyusun strategi maupun peta jalan untuk menghilangkan karbon dari pengoperasian

Tentang Black & Veatch
Black & Veatch adalah perusahaan enjiniring, pengadaan, konsultasi, dan konstruksi global yang 100 persen dimiliki karyawan. Kami memiliki rekam jejak inovasi selama lebih dari 100 tahun di bidang infrastruktur berkelanjutan. Sejak tahun 1915, kami telah membantu klien untuk meningkatkan kehidupan orang-orang di seluruh dunia dengan cara menangani ketahanan dan keandalan aset infrastruktur terpenting. Pendapatan kami selama tahun 2021 melebihi AS$3,3 miliar. Ikuti kami di www.bv.com dan di media sosial.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Informasi Kontak Untuk Media:
EMILY CHIA | +65 6335 6623 P | +65 9875 8907 M | Chialp@bv.com
EMAIL MEDIA SELAMA 24 JAM | media@bv.com

Sumber: Black & Veatch

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023