Kesehatan Digital bukanlah konsep baru. Bentuk sederhananya dapat berupa aplikasi seluler untuk panggilan video dengan dokter. Namun, dalam menghadapi kekhawatiran global akan pandemi atau diskriminasi rasial terkait akses ke layanan kesehatan, kesehatan digital terus tumbuh dan berkembang.
 
Hanoi, Vietnam (ANTARA/Business Wire)- Semakin pentingnya Kesehatan Digital baru-baru ini dibahas dalam webinar “Innovative Digital Solutions For Future Healthcare”, yang dihadiri para ahli terkemuka dari FPT Software, yang memiliki puluhan tahun pengalaman dalam mengembangkan solusi kesehatan digital.
 
Sederhananya, Kesehatan Digital mengacu pada penerapan teknologi digital ke bidang kesehatan. Teknologi ini membantu petugas layanan kesehatan dalam membuat keputusan yang lebih terinformasi dan berdasarkan data. Dengan kemajuan AI, big data, robotika, dan pembelajaran mesin, Kesehatan Digital terus membawa perubahan besar pada sistem layanan kesehatan dalam skala global.
 
Untuk mengilustrasikan hal ini, Dr. Pham Tri Cong, Ilmuwan Kecerdasan Buatan & Pimpinan Data Program di FPT Software menggunakan akaMedic sebagai contoh. akaMedic adalah aplikasi berbasis kecerdasan buatan yang menggunakan pembelajaran mendalam dan visi komputer untuk terus menganalisis sinyal kanker. akaMedic dapat membantu mendeteksi sinyal kanker pada tahap paling awal dengan "tingkat akurasi setinggi 95%" - kata Dr. Cong.
 
Data kesehatan membantu kita memahami lebih banyak hal daripada yang biasa kita ketahui tentang kondisi kesehatan pribadi. Jumlah data kesehatan sekarang sangat besar dan terus berkembang karena berasal dari berbagai sumber seperti aplikasi dan gawai kebugaran, alat uji genom rumah, dan catatan kesehatan elektronik.
 
Namun, data kesehatan biasanya tersebar di berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Menurut Harvard Business Review, “Sebagian besar riwayat medis kebanyakan orang menjadi tidak berguna ketika berpindah atau berganti dokter karena transfer informasi terlalu rumit untuk dilakukan.”
 
Menurut Tran Dinh Cung, Pimpinan Unit Bisnis Platform Data Layanan Kesehatan dan Farmasi, FPT Software, "Banyak sistem kesehatan masih kesulitan untuk saling berbagi informasi, bahkan ketika menggunakan perangkat lunak catatan kesehatan elektronik yang sama."
 
Oleh karena itu, mewujudkan kesehatan digital artinya “membuat data kesehatan mudah ditransfer,” tegas Cung. Jika tidak, hal ini akan menyebabkan inefisiensi, hilangnya waktu dan tenaga yang pada akhirnya menyebabkan keterlambatan dalam pengobatan.
 
Untuk lebih memahami situasi ini, berikut adalah skenario umum yang dibagikan oleh Nguyen Trung Hieu, Direktur UKM Kesehatan Digital, FPT Software:
 
Seorang pasien menelepon saluran darurat. Paramedis datang, memeriksa pasien dan mengidentifikasi status kesehatannya. Namun proses evaluasi berulang saat pasien tiba di rumah sakit. "Seharusnya pasien mendapatkan penanganan yang lebih cepat jika informasi tentang status kesehatannya dan tindakan pertolongan pertama yang dilakukan oleh tim ambulans dibagikan kepada rumah sakit saat dia diantar ke rumah sakit." kata Hieu.
 
“Kegagalan kecil dengan konsekuensi besar. Ini terjadi di mana-mana dalam sistem layanan kesehatan global, membuang waktu untuk hidup sehat selama bertahun-tahun dan miliaran dolar untuk biaya pengobatan yang seharusnya dapat dihindari.”, tulis John Glaser di Harvard Business Review.
 
Untuk mencegah kerugian, yang kita butuhkan adalah “manual instruksi terperinci yang menguraikan format data dan nilai yang diizinkan untuk setiap sumber daya atau jenis data yang akan dibagikan,” kata Cung. Dia merekomendasikan Health Level Seven International®, HL7®, standar untuk bertukar informasi kesehatan secara elektronik, yang didirikan pada tahun 1987, dan saat ini memiliki lebih dari 500 anggota perusahaan dan organisasi.
 
Dengan seperangkat panduan implementasi yang kuat dan akses mudah ke data kesehatan di mana pun dan kapan pun data dihasilkan, seorang pasien dapat mengakses data mereka sendiri untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan mereka dan mengambil tindakan yang lebih terinformasi; tenaga profesional layanan kesehatan dapat menganalisis kumpulan data tersebut untuk menemukan pola dalam populasi pasien mereka, dan peneliti dapat menggunakan data tersebut untuk menemukan dan mengevaluasi obat dan terapi baru.
 
 
Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.
 
 
Kontak
Media
Mai Duong (Ms.)
FPT Software
Manajer Humas
 
Dzung Duong (Ms.)
Manajer Branding Perusahaan
 
Sumber: FPT Software
 
 
 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023