Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Jumat (6/1), mulai dari Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto gencar melakukan percepatan reformasi agraria hingga Menkopolhukam Mahfud MD duga video viral tentang vonis Ferdy Sambo merupakan upaya meneror hakim.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

Hadi Tjahjanto gencarkan percepatan reforma agraria

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto gencar melakukan percepatan reforma agraria, di antaranya melalui realisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah.

"Percepatan reforma agraria merupakan arahan Bapak Presiden Jokowi dalam rapat terbatas pada Selasa (3/1). Hari ini saya datang ke Jember untuk membagikan sertifikat redistribusi tanah kepada masyarakat Desa Sukamakmur," kata Hadi dalam sambutannya pada penyerahan 250 sertifikat redistribusi tanah di Desa Sukamakmur, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (6/1).

Selengkapnya baca di sini.

Polri izinkan jumlah penonton laga Indonesia vs Vietnam 50 ribu orang

Polri mengizinkan laga semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia dan Vietnam ditonton sebanyak 50 ribu orang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (6/1).

"Kami terus mengikuti perkembangan pertandingan dan perilaku penonton serta penilaian risiko, maka pertandingan nanti sore di GBK dapat ditonton 50 ribu penonton," kata Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Jumat (6/1).

Selengkapnya baca di sini.

PN Jaksel sebut video viral tak tampilkan pernyataan hakim secara utuh

Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Djuyamto mengatakan bahwa video viral yang memperlihatkan Hakim Wahyu Iman Santoso membicarakan kasus Ferdy Sambo tidak menampilkan omongan hakim secara utuh.

“Ternyata setelah kami klarifikasi kepada beliau, kepada Pak Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut, (video itu) tidak menampilkan secara utuh pernyataan-pernyataan beliau,” kata Djuyamto kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Jumat (6/1).

Selengkapnya baca di sini.

KPK sita Rp8 miliar terkait kasus proyek Gedung DPRD Morowali Utara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang senilai Rp8 miliar dalam penyidikan kasus dugaan korupsi pekerjaan pembangunan Gedung DPRD Tahap I Tahun Anggaran 2016 di Pemerintah Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

"Saat ini, uang dimaksud telah disita tim penyidik sebagai barang bukti," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Jumat (6/1).

Selengkapnya baca di sini.

Mahfud duga video bocoran rencana vonis Sambo upaya teror hakim

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menduga video viral yang memperlihatkan Hakim Wahyu Iman Santoso membocorkan vonis terdakwa Ferdy Sambo merupakan upaya untuk meneror hakim agar tak berani menjatuhkan vonis berat.

"Sementara ini, saya menduga bahwa video itu merupakan bagian dari upaya untuk meneror hakim agar tak berani memvonis Sambo dengan vonis berat," kata Mahfud dalam salah satu keterangan foto yang diunggah di akun Instagram pribadi nya @mohmahfudmd, sebagaimana dipantau di Jakarta, Jumat (6/1).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023