Bangli, Bali (ANTARA) - Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar menyerahkan secara simbolis bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) untuk 113 warga kurang mampu dan empat orang warga penyandang disabilitas, di Desa Kayubihi, kabupaten setempat.

Dalam siaran pers Diskominfo Bangli yang diterima di Bangli, Minggu, Wakil Bupati Bangli menyampaikan Pemkab Bangli telah melakukan berbagai upaya dalam rangka kesejahteraan seluruh masyarakat. Selain fokus terhadap beberapa pembangunan infrastruktur, Pemkab Bangli juga merealisasikan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat setempat, salah satunya adalah realisasi bantuan tunai BLT BBM yang bersumber dari APBD Bangli tahun 2022.

Baca juga: Bangli tuan rumah Olimpiade Sains dan Matematika Asia

Pemkab Bangli memprioritaskan bansos BLT BBM kepada warga kurang mampu dan disabilitas senilai Rp1,7 miliar, hingga saat ini sudah terealisasi 100 persen di semua kecamatan di Kabupaten Bangli, dengan rincian Kecamatan Kintamani 1.170 orang, Kecamatan Susut 724 orang, Kecamatan Bangli 747 orang, dan Kecamatan Tembuku 746 orang, dengan total penerima bantuan sebanyak 3.387 orang.

Bantuan diserahkan melalui Bank BPD Bali Cabang Bangli masing-masing sebesar Rp450.000 untuk warga kurang mampu dan Rp600.000 untuk warga penyandang disabilitas. Bantuan diserahkan untuk tiga bulan (Oktober, November, dan Desember 2022), yang mana setiap bulannya jumlah bantuan adalah sebesar Rp150.000 untuk warga kurang mampu dan Rp200.000 untuk penyandang disabilitas.

Ia mengajak seluruh masyarakat Bangli agar selalu mendukung program- program yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Bangli, tentunya program yang dapat mensejahterakan seluruh krama Bangli. "Semoga bantuan yang diserahkan hari ini dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Bangli Ida Ayu Gede Yudi Suta dalam laporannya menyampaikan Pemkab Bangli telah meluncurkan anggaran BTT berupa BLT BBM dalam rangka penanganan inflasi akibat kenaikan BBM.

Baca juga: Pemkab Bangli ajak kejaksaan dan kepolisian optimalkan penerimaan PAD

Baca juga: Bupati Bangli serahkan 73 unit bantuan pembangunan rumah swadaya

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023