Jakarta (ANTARA) - David Silva membawa Real Sociedad mengalahkan Almeria 2-0 sehingga memangkas jarak dari dua pemuncak klasemen Liga Spanyol Barcelona dan Real Madrid menjadi enam poin.

Sementara itu di Stadion Power Horse, tim tamu Sevilla menggapai kemenangan penting 2-1 atas Getafe untuk keluar dari zona degradasi karena menang selisih gol, sementara Real Betis naik ke urutan keempat setelah menang 2-1 atas tuan rumah Rayo Vallecano.

Silva yang playmaker veteran Real Sociedad berusia 37 tahun memanfaatkan pertahanan linglung Almeria untuk mencetak gol pembuka pada menit 47 setleah bermain satu dua dengan Take Kubo.

Alexander Sorloth mencetak gol liga keenamnya musim ini lima menit kemudian untuk menggandakan keunggulan La Real setelah meneruskan umpan Mikel Merino dan kemudian menaklukkan Fernando Martinez di tiang dekat.

Tanpa Brais Mendez yang diskors, tim Imanol Alguacil tidak dalam performa terbaiknya tetapi masih berhasil memberikan kekalahan kandang pertama bagi tim promosi Almeria sejak September yang membuat mereka berada pada urutan ke-14.

Kemenangan ini membuat tim Alguacil sangat percaya diri menjelang pertandingan derby Basque melawan Athletic Bilbao akhir pekan depan.

La Real mengoleksi 32 poin dari 16 pertandingan atau lima poin di bawah peringkat kelima Atletico Madrid, yang tengah menjamu pemuncak klasemen Barcelona pada hari yang sama.

Sevilla yang dilatih Jorge Sampaoli menang untuk pertama kalinya dalam tujuh pertandingan liga melawan Getafe berkat gol Marcos Acuna dan Rafa Mir.

Borja Mayoral mencetak gol telat untuk Getafe tetapi Sevilla bertahan untuk naik ke urutan ke-17.

Real Betis naik sementara ke urutan keempat setelah menang 2-1 melawan tuan rumah Rayo Vallecano.

Tim Andalusia itu memimpin berkat gol bek Rayo Alejandro Catana setelah menyundul bola ke gawang rekan setimnya Ivan Balliu dan memantul ke gawang mereka sendiri.

Sergio Camello menyamakan kedudukan pada menit ke-20 tetapi Luis Henrique mengirim Betis unggul lewat gol individual yang luar biasa.

Izi Palazon mencetak gol untuk tuan rumah setelah turun minum tetapi gol itu dianulir karena offside, demikian AFP

Baca juga: Real Madrid gagal puncaki klasemen setelah kalah 1-2 lawan Villareal
Baca juga: Lewandowski terkena sanksi tiga laga Barca di LaLiga

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023