Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.
Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Minggu (8/1), mulai dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan akan terus mengawal kebijakan Presiden di Papua hingga vonis yang dijatuhkan terhadap lima terdakwa terdakwa kasus korupsi persetujuan ekspor (PE) crude palm oil (CPO) atau minyak goreng beserta turunannya lebih rendah dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. Kapolri pastikan TNI-Polri terus kawal kebijakan Presiden di Papua

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan akan terus mengawal kebijakan Presiden Jokowi di Tanah Papua sebagai wujud sila kelima, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Namun demikian, tentunya masih ada tantangan yang dihadapi," kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo usai meresmikan gedung baru Polda Papua melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Vonis enteng dalam perkara minyak goreng

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta telah menjatuhkan vonis kepada lima orang terdakwa kasus korupsi persetujuan ekspor (PE) crude palm oil (CPO) atau minyak goreng beserta turunannya di Kementerian Perdagangan pada 4 Januari 2023.

Vonis terhadap lima terdakwa tersebut jauh lebih rendah dibanding tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung.

Selengkapnya baca di sini.

3. Imigrasi layani paspor simpatik dan eazy passport hingga 25 Januari

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Silmy Karim mengatakan instansi tersebut membuka layanan paspor simpatik dan eazy passport hingga 25 Januari 2023.

"Masyarakat dapat mengakses fasilitas paspor simpatik setiap akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan eazy passport khusus kelompok rentan setiap hari kerja (Senin-Jumat) selama 7-25 Januari 2023," kata Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Kapolri tegaskan sinergitas TNI-Polri makin terjalin dengan baik

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menegaskan sinergitas antara Korps Bhayangkara dengan TNI di Tanah Air semakin terjalin baik dan maksimal.

"Peresmian gedung baru Polda Papua bersama Panglima TNI dan para Kepala Staf TNI adalah wujud terjalinnya sinergitas TNI-Polri yang makin hari makin berjalan maksimal dan baik," kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

5. DVI Polda Sulsel identifikasi dua korban tanah longsor Maros

Tim forensik Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sulawesi Selatan berhasil mengidentifikasi dua jenazah yang ditemukan warga pada dua lokasi berbeda adalah korban bencana tanah longsor di Dusun Jai, Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

"Tim DVI telah mengidentifikasi dua kantong jenazah ditemukan di wilayah Polsek Lapriaja, Kabupaten Bone, dan Polsek Mallawa, Kabupaten Maros adalah korban tanah longsor," kata Kepala Urusan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kaur Biddokes) Polda Sulsel Kompol Abdul Rahman di Rumah Sakit Umum Dr La Palaloi, Maros, Sabtu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023