Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan TNI Angkatan Udara (Diskesau) bersiap mewujudkan transformasi kesehatan dalam mendukung TNI AU yang adaptif, modern, profesional, unggul dan humanis.

Hal itu tertuang dalam Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI AU (Rakorniskesau) bertema "Dilandasi Profesionalisme, Diskesau Siap Mewujudkan Transformasi Kesehatan dalam Mendukung TNI AU yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis Menuju Indonesia Maju".

Kepala Dinas Kesehatan TNI AU (Kadiskesau) Marsma TNI dr. Swasono Rahayu dalam sambutan acara tersebut di Yogyakarta, Jumat, mengatakan Rakorniskesau yang digelar di Yogyakarta pada 2-3 Mei 2024 itu merupakan pertemuan kunci bagi para profesional kesehatan militer dan jajaran satuan kesehatan di bawah Diskesau.

"Dengan tema itu saya berharap implementasinya dapat tercermin dalam program kerja Diskesau, serta dapat dilaksanakan menyeluruh di berbagai pelayanan kesehatan, sehingga dukungan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan jasmani mampu mendukung tugas TNI AU," katanya.

Baca juga: Kadiskesau: Kesehatan remaja merupakan investasi masa depan bangsa

Selain itu, Kadiskesau juga memberi beberapa penekanan di antaranya agar menjadikan Rakorniskesau sebagai sarana pertemuan dalam mengembangkan kreativitas untuk menciptakan terobosan baru demi kemajuan organisasi kesehatan di jajaran TNI AU.

Kemudian meningkatkan profesionalisme untuk membangun individu yang memiliki kompetensi tinggi dalam pelaksanaan tugas di satuan serta mempedomani ketentuan atau peraturan yang berlaku dan menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan, sehingga senantiasa adaptif dalam pelaksanaan tugas TNI AU di lapangan.

Kadiskesau juga mengatakan bahwa kegiatan Raorniskesau ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan program kerja tahun lalu dan pencapaian misi, tujuan, dan program kerja tahun 2024 di bidang kesehatan dalam mewujudkan pencapaian tugas TNI AU.

"Rakorniskesau menandai langkah penting dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan militer," katanya.

Baca juga: TNI AU beri layanan kesehatan gratis warga Kampung Anggraidi Biak

Dengan menghadirkan berbagai narasumber terkemuka, forum ini menyoroti berbagai aspek penting dari kesehatan dan kesejahteraan personel militer, seperti kerja sama fasilitas kesehatan TNI AU, digitalisasi layanan kesehatan.

Selain itu, juga pentingnya layanan berkualitas tinggi untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia di era digital, strategi menjaga kesehatan hingga usia lanjut, hingga tentang kesiapan fasilitas kesehatan TNI AU dalam pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU).

Kemudian transformasi kesehatan penerbangan, yang merupakan langkah maju dalam memastikan kesehatan dan keselamatan penerbang militer. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat kerja sama antarlembaga, tetapi juga menunjukkan dedikasi TNI AU dalam mengadopsi praktik terbaik untuk kesehatan personelnya.

Kadiskesau juga menekankan pentingnya kerja sama dan integrasi dalam peningkatan layanan kesehatan militer.

Baca juga: RSPAU Hardjolukito gelar bakti sosial dalam peringati HUT ke-78 TNI AU

"Rakorniskesau 2024 tidak hanya menjadi ajang pertemuan, tetapi juga platform untuk inovasi dan kemajuan dalam kesehatan militer, menandai langkah besar dalam upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anggota TNI AU dan keluarganya serta masyarakat," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024