Masjid berkubah timah terbesar di dunia ini akan dibangun berdekatan dengan gereja tertua di Kota Pangkalpinang
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan membangun Masjid Agung Kubah Timah terbesar di dunia yang menandakan Babel sebagai provinsi penghasil bijih timah nomor dua dunia.

"Masjid berkubah timah terbesar di dunia ini akan dibangun berdekatan dengan gereja tertua di Kota Pangkalpinang," kata Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan dengan hadirnya Masjid Agung Kubah Timah merupakan satu-satunya di dunia yang menandakan bahwa ikon Provinsi Kepulauan Babel ini adalah timah.

"Sebesar 80 persen perekonomian masyarakat Babel ini ditopang dari timah," katanya.

Menurut dia Masjid Agung Kubah Timah akan dibangun berdekatan dengan Gereja GPIB Maranatha, yang merupakan gereja tertua di Kota Pangkalpinang yang menandakan bahwa kerukunan umat beragama di "Kota Beribu Senyuman" ini terjaga dengan baik.

"Kami orang Bangka Belitung terkenal dengan Melayu dengan Tionghoa sama. Nenek dan kakak ipar saya Tionghoa, jadi kami di sini sama saja," katanya.

Ia menyatakan Presiden Joko Widodo mengatakan ada empat yang bakal kebangkitan ekonomi nasional yaitu nikel, batu bara, CPO dan terakhir timah.

"Timah ini yang punya Babel, jadi dengan penduduk yang sedikit dan pulau yang kecil, maka nantinya Babel ini akan menjadi daerah yang hebat nantinya," demikian Maulan Aklil.

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang apresiasi PT Timah bangun masjid dengan kayu jati

Baca juga: Masjid-mushala-pesantren direnovasi PT Timah pada Ramadhan

Baca juga: Masjid di Pangkalpinang tiadakan tradisi "nganggung" usai Shalat Id

Baca juga: Ulama se-Indonesia akan gelar sejadah fajar di 50 masjid Pangkalpinang

Pewarta: Aprionis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023