Pangkalpinang (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko memberikan apresiasi positif terhadap pembangunan Masjid Agung Kubah Timah di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan menjadi kebanggaan masyarakat di daerah itu.

"Saya sangat mengapresiasi dibangunnya Masjid Agung Kubah Timah ini. saya berharap Pak Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil tidak hanya jagoan meletakkan batu pertama, tetapi juga jagoan dalam menyelesaikan pembangunannya," kata Moeldoko usai meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Agung Kubah Timah di Pangkalpinang, Jumat.

Baca juga: Tekan penularan, Masjid Jami' Pangkalpinang batasi durasi khotbah id

Menurut dia, pembangunan Masjid Agung tersebut merupakan sebuah tantangan dan juga merupakan sebuah harapan, karena bisa mewujudkan impian yang sudah sekian lama direncanakan dan baru bisa direalisasikan.

Pembangunan Masjid Agung itu juga bisa menjadi peluang bagi masyarakat untuk ikut berkontribusi atau ikut terlibat dalam pembangunan masjid.

Baca juga: Masjid di Pangkalpinang tiadakan tradisi "nganggung" usai Shalat Id

"Jangan sia-siakan momentum baik ini, masyarakat Pangkalpinang bisa berkontribusi dalam pembangunan masjid, karena punya penggalan sejarah yaitu saya bagian dari itu," katanya.

Menurut dia, masyarakat juga sangat menginginkan kehadiran Masjid Agung Kubah Timah tersebut karena akan menjadi salah satu ikon Kota Pangkalpinang dan nantinya diharapkan dikenal di kancah nasional.

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang apresiasi PT Timah bangun masjid dengan kayu jati

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan, Masjid Agung Kubah Timah sengaja dibangun tepat di pusat kota, selain berhadapan langsung dengan Alun Alun Taman Merdeka dan tugu nol Pulau Bangka, masjid ini juga berdampingan dengan gereja GPIB yang merupakan gereja tertua di kota itu.

"Hari ini kita melaksanakan peletakan batu pertama Pembangunan Masjid Agung Kubah Timah. Semoga saja hari ini bisa tercapai keinginan kita bersama, yaitu ada sebuah Masjid Agung kebanggaan kita yang akan dikenal bukan hanya di tingkat nasional saja, tetapi juga tingkat internasional," katanya.

Baca juga: Patuhi protokol, warga Pangkalpinang shalat id berjamaah di masjid

Kehadiran Masjid Agung Kubah Timah di Pangkalpinang diharapkan menjadi ikon baru di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan bisa menjadi simbol kerukunan antarumat beragama.

"Insya Allah Masjid Agung Kubah Timah ini menjadi masjid pertama dan satu-satunya di dunia dengan kubah yang dilapisi timah," katanya.

Baca juga: Ulama se-Indonesia akan gelar sejadah fajar di 50 masjid Pangkalpinang

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022