Haikou, China (ANTARA) - Pulau Hainan di China selatan, yang kaya dengan sumber daya pariwisata, baru-baru ini mencatatkan pemulihan pariwisata setelah China semakin mengoptimalkan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian COVID-19 pada Desember.

Penjualan harian di pusat-pusat perbelanjaan bebas bea lepas pantai di Hainan melampaui 100 juta RMB (1 RMB = Rp2.278) selama tujuh hari berturut-turut dari 13 hingga 19 Desember 2022, lapor Xinhua pada Senin.

China kini mengendalikan COVID-19 dengan langkah-langkah penanganan penyakit menular Kelas B, alih-alih penyakit menular Kelas A, dalam perubahan besar pada kebijakan respons epideminya.

Penurunan kelas kebijakan penanganan ini akan memfasilitasi perjalanan yang lancar dan teratur baik di dalam maupun luar negeri, meningkatkan pertukaran dan kerja sama, serta membantu meningkatkan ekonomi lokal maupun global.
 
Seorang wanita memilih tas di Toko Bebas Bea Haikou Riyue Plaza di Haikou, Provinsi Hainan, China selatan, pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Yang Guanyu)
 
Sejumlah wisatawan memilih kosmetik di Toko Bebas Bea Haikou Riyue Plaza di Haikou, Provinsi Hainan, China selatan, pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Yang Guanyu)
 
Seorang wanita memilih kosmetik di Toko Bebas Bea Haikou Riyue Plaza di Haikou, Provinsi Hainan, China selatan, pada 8 Januari 2023. (Xinhua/Yang Guanyu
 
 

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023