Jayapura (ANTARA) - Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo S Prabowo, Senin (9/1), menyerahkan penghargaan terhadap tiga personel TNI-Polri yang bertugas di Papua.
 
Tiga personel yang mendapat penghargaan yaitu Komisaris Besar Polisi Muhammad Firman yang menjabat sebagai komandan Satgas Damai Cartenz, Kapten Infantri Adam Susanto yang menjabat Komandan Satuan Taktis Wilayah Timika dan Kapten Infantri Hamdan Fauzul Dansattis Wilayah Jayapura.

Baca juga: Wapres tekankan kepada Panglima TNI soal pengamanan Papua
 
Penyerahan penghargaan dilakukan seusai memberikan pengarahan dan tanya jawab yang dipusatkan di halaman Makodam XVII Cenderawasih di Polimak, Jayapura.
 
Margono dan Listyo Sigit dalam tanya jawab dengan personel TNI-Polri mengatakan, untuk tunjangan khusus atau tunjangan kemahalan sudah dipikirkan dan akan bersama-sama membuat surat ke atas untuk menjadi bahan pertimbangan mengingat sejak 2002 tidak mengalami kenaikan.

Baca juga: Panglima TNI ajak tiga kepala staf angkatan ke Papua
 
"Kapolda dan Pangdam berkoordinasi untuk memastikan berapa yang layak untuk kenaikan di Papua agar bisa menjadi standar dan diajukan ke atas, " kata Margono.
 
Terkait rumah dinas untuk prajurit, dia mengaku itu menjadi prioritas namun karena banyaknya personel maka pihaknya akan terus melakukan pembangunan terutama rumah susun. 

Baca juga: Kemarin, Panglima-Kapolri terima baret merah hingga Jokowi ke Jabar
 
"Apakah Komandan Lantamal X sudah mengajukannya atau belum dan bila belum segera ajukan sehingga menjadi prioritas walaupun saat ini yang menjadi prioritas di Tanah Papua untuk TNI-AL yaitu membangun perumahan di Sorong," kata dia. 
 
Sebelumnya Minggu malam, kedua pimpinan itu meresmikan Mako Polda Papua di Koya Koso, Jayapura, yang dibangun di atas areal seluas 4,2 hektar dengan dana Rp 206 miliar. 

Baca juga: Panglima TNI: Pembangunan prasarana diimbangi modernisasi Alutsista
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023