Mamuju (ANTARA) - Nilai kepuasan publik atas kinerja pemerintah daerah di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mencapai 78,75 persen.

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TPPD) Kabupaten Mamuju, Maenunis Amin, di Mamuju, Selasa mengatakan, pemerintah RI Mamuju telah melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

Ia mengatakan, survei tersebut dilaksanakan lembaga survei rumah data yang dilaksanakan pada Desember 2022.

Menurut dia, dari hasil survei tersebut diperoleh data yakni sebesar 78,75 persen masyarakat di Mamuju, menyatakan puas atas kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah.

"Kinerja pemerintah di Mamuju membangun daerah sangat positif dibandingkan dengan tingkat masyarakat yang kurang puas dan tidak puas sama sekali hanya sebesar terhadap kinerja pemerintah yakni hanya 21,25 persen," katanya.

Ia menyampaikan, terdapat enam kinerja pemerintah di Mamuju membangun daerah yang memuaskan masyarakat diantaranya pada aspek pelayanan pendidikan dan kesehatan.

Kemudian lanjutnya, pada sektor pelayanan kependudukan, pelayanan perizinan, kemudian pelayanan penanggulangan persampahan.

Selain itu pelayanan pada pemenuhan air bersih dan sanitasi untuk masyarakat.

"Kinerja yang paling tidak memuaskan dilaksanakan pemerintah di Mamuju pada aspek penanggulangan persampahan yakni sebesar 44,50 persen, sehingga ke depan masalah tersebut mesti ditanggulangi pemerintah agar tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dapat semakin meningkat lagi," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat juga menilai pembangunan infrastruktur pemerintah di Mamuju telah berjalan baik meskipun terdapat beberapa catatan yang mesti dibenahi.

"Begitu juga dengan program pemerintah Mamuju dalam melakukan penanganan bencana seperti dampak bencana gempa dan banjir yang dilakukan dipimpin Bupati Mamuju Sutinah Suhardi telah memberikan kepuasan kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, dari hasil data survei yang dilakukan tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja pemerintah di Mamuju dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023