Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hasil survei Litbang Kompas tentang kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah akan menjadi bahan evaluasi.

“Ya itu semua untuk evaluasi pemerintah, untuk koreksi kalau ada hal yang kurang atau yang perlu diperbaiki,” kata Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu.

Menurut dia, hasil survei diperoleh dari data lapangan secara umum, yang kemudian bisa dipakai angkanya sebagai bahan evaluasi pemerintah.

“Sebagai bahan untuk melakukan perbaikan, karena masih banyak yang perlu diperbaiki,” ujar Jokowi dalam kegiatannya yang dipantau secara daring.

Berdasarkan survei Litbang Kompas pada Desember 2023, sebanyak 73,5 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, sedang 23,6 persen responden menyatakan tidak puas.

Namun, tingkat kepuasan terhadap pemerintah ini sedikit turun dibandingkan dengan survei pada Agustus 2023, yang mana 74,3 persen responden menyatakan kepuasannya terhadap pemerintah.

Survei periodik itu dilakukan menggunakan metode wawancara tatap muka pada 29 November-4 Desember 2023. Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Dari sisi umur, responden berusia 26-33 tahun, usia di atas 42 tahun, dan generasi yang lebih tua banyak menyatakan kepuasan terhadap kinerja pemerintah.
 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023