Jakarta (ANTARA) -
Hasil survei Algoritma Research and Consulting menyatakan mayoritas masyarakat Indonesia berpendapat bahwa negara saat ini bergerak ke arah yang sudah benar.
 
"Sekitar 76 persen masyarakat berpendapat bahwa arah negara ini sudah bergerak ke arah yang benar," kata Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana dalam rilis survei yang dipantau secara daring dari Jakarta, Senin.
 
Angka tersebut terbilang berbanding jauh dengan responden yang merasa bahwa negara bergerak ke arah yang tidak benar, yakni hanya 9,8 persen. Sementara itu, 6,3 persen menyatakan ragu-ragu dan 7,3 persen lainnya tidak tahu.
 
Aditya menjelaskan persepsi responden mengenai arah negara berdasarkan preferensi calon presiden (capres). Dia memerinci pendukung bakal capres dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo paling banyak yang menyatakan negara bergerak ke arah yang sudah benar.
 
"Terutama pendukungnya Pak Ganjar, ya, 37,9 persen (menyatakan arah negara) bergerak ke arah yang benar, (pendukung) Pak Prabowo 31,6 (persen menyatakan ke arah yang benar), tetapi (pendukung) Pak Anies cenderung (menyatakan bergerak ke arah) tidak benar," kata dia.

Baca juga: Tingkat kepuasan pemerintahan Jokowi-Maruf capai 74,7 persen
Baca juga: Kepuasan publik pada Jokowi 76,7 persen menjelang tahun politik
 
Survei Algoritma juga menilik tingkat kepuasan atau "approval rating" terhadap pemerintahan saat ini. Hasilnya terbilang tinggi, yakni 83,2 persen responden merasa puas. Sementara responden yang sangat puas adalah 8,7 persen, puas 43,4 persen, dan cukup puas 31,1 persen.
 
"Secara umum masyarakat itu puas terhadap kinerjanya Pak Jokowi dan relatif tinggi. Bahkan kita menyebutnya sangat tinggi," imbuh Aditya
 
Dia menjelaskan kepuasan terhadap kinerja pemerintah berkaitan dengan kondisi penyelenggaraan pemerintahan, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, kebebasan berkeyakinan, infrastruktur, dan sebagainya.
 
"Dari seluruh aspek yang kami minta pandangan masyarakat, relatif di atas 70 persen merasa sudah baik, terutama pelayanan kesehatan, pendidikan, kebebasan beragama, dan penyediaan infrastruktur," katanya.
 
Survei Algoritma Research and Consulting ini dilakukan pada 29 Mei hingga 10 Juni 2023 terhadap 2.009 responden. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh 109 enumerator.
 
Hasil survei mewakili pendapat penduduk usia dewasa (usia pilih) secara proporsional dari 34 provinsi. Sementara itu, margin of error dari survei ini adalah ±2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023