Jakarta (ANTARA) - Aktor asal Amerika Serikat Tom Hanks mengaku dirinya tidak memiliki keinginan untuk pensiun dari dunia sinema, mengutip laporan Variety yang disiarkan Selasa (10/1) waktu setempat.

Sebagai informasi, usia 66 tahun, aktor ini telah muncul di hampir 80 film layar lebar selama empat dekade berkarier di industri Hollywood.

"Tidak, saya tidak punya keinginan [untuk pensiun]," kata Hanks kepada Variety pada Senin (10/1) malam di acara pemutaran perdana film terbarunya di New York, "A Man Called Otto".

“Saya tidak bekerja demi bekerja. Saya dalam posisi yang sangat beruntung. Itu pasti luar biasa," imbuh dia.

Baca juga: Tom Hanks dikabarkan bergabung di film baru Wes Anderson

Hanks menambahkan dirinya dan sang istri, Rita Wilson, kerap membicarakan hal-hal tentang pensiun. Tetapi hanya ada dua alasan untuk bekerja bagi Hanks yaitu antara pekerjaan itu "akan baik" atau "akan menyenangkan".

Namun, apabila tawaran pekerjaan tidak mencakup salah satu dari dua alasan itu, Hanks hanya akan tinggal di rumah dan tak melakukan banyak pekerjaan.

Situasi itu berbanding terbalik untuk Otto, karakter yang dimainkan Hanks dalam " A Man Called Otto". Reboot dari film Swedia itu dimulai dengan Otto yang keluar dari perusahaannya karena tidak lagi dihargai.

"Ada pensiun wajib dalam film aslinya di Swedia. Ketika mencapai usia tertentu, Anda keluar! Dan begitulah cara kerjanya," kata Hanks tentang filmnya tersebut.

"Di sini (di film versi reboot), dia (Otto) telah dibeli, dia mengambil pesangon--dia tidak ingin berhenti. Tidak ada alasan untuk tetap tinggal karena mereka tidak lagi percaya padanya," imbuh dia.

Dalam film itu, karakter Otto juga berjuang untuk mengatasi kesedihan dan menerima keadaan setelah kepergian istrinya. Kehidupan Otto mulai berubah sejak keluarga baru menempati rumah di seberang jalan.

"A Man Called Otto" juga merupakan "proyek keluarga" Hanks. Istrinya, Rita Wilson, berperan sebagai produser dan penulis lagu "Til You're Home". Putra bungsu mereka, Truman Hanks, memberikan penampilan akting besar pertamanya dengan memainkan versi Otto yang lebih muda.

Truman diminta oleh sutradara Marc Forster untuk tampil di film tersebut. Sebelumnya, Truman mengatakan dirinya akan terbuka untuk lebih banyak peran akting di masa depan, profesi pilihannya adalah menjadi sinematografer.

"Saya melompat kembali ke dunia kamera, tapi kita lihat saja nanti," kata dia.

Baca juga: Tom Hanks jadi pria pemarah di film "A Man Called Otto"

Baca juga: Pria yang menginspirasi film "The Terminal" meninggal dunia di bandara

Baca juga: Tom Hanks bintangi "A Man Called Ove", disutradarai Marc Forster

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023