Jakarta (ANTARA) - Aktris asal Inggris Marisa Abela akan memerankan Amy Winehouse dalam sebuah film biografi tentang mendiang penyanyi tersebut, kata perusahaan produksi dan distribusi Studiocanal.

Baca juga: Sutradara "Fifty Shades of Grey" akan buat film tentang Amy Winehouse

Mengutip laporan Reuters yang disiarkan Sabtu, rumah produksi itu menyebutkan bahwa syuting akan dimulai pada Senin (16/1) di London, Inggris.

Disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson, film yang diberi judul "Back to Black" itu akan berfokus pada masa-masa awal di mana sang penyanyi tinggal di London dan memulai kariernya dengan intens menuju ketenaran.

Winehouse, yang pernah memenangkan Grammy Award sebanyak enam kali, meninggal dunia karena keracunan alkohol di rumahnya di London utara pada 23 Juli 2011. Winehouse berjuang dengan masalah kecanduan minum dan obat-obatan selama sebagian besar kariernya. Dia meninggal saat berusia 27 tahun.

Sebelumnya, rencana pembuatan film tentang Winehouse telah diumumkan dan banyak yang bertanya-tanya siapa yang akan memerankan penyanyi tersebut.

Abela merupakan bintang yang sedang naik daun. Dia terkenal karena memegang peran utama dalam serial "Industry" yang tayang perdana pada 2020 melalui platform HBO di Amerika Serikat dan jaringan televisi BBC Two di Inggris.

"Sebagai pembuat film, Anda tidak bisa meminta lebih. Saya merasa senang dan rendah hati memiliki kesempatan ini untuk mewujudkan kisah unik dan tragis yang indah dari Amy ke layar bioskop disertai dengan warisan musiknya," kata Taylor-Johnson dalam sebuah pernyataan pada Jumat (13/1).

Bersama dengan penulis skenario Matt Greenhalgh, Taylor-Johnson mengatakan pihaknya berusaha untuk mewujudkan film yang akan dicintai dan dihargai selamanya oleh semua orang.

Taylor-Johnson sendiri dikenal karena menyutradarai film pertama "Fifty Shades of Grey", film drama "A Million Little Pieces", serta beberapa episode untuk serial televisi "Gypsy" dan "Solos".

Dianggap sebagai salah satu penyanyi paling berbakat di generasinya, kematian Winehouse yang terlalu cepat telah mengguncang dunia musik pada saat itu.

Beberapa film dokumenter tentang Winehouse telah dibuat, yang terbaru dinarasikan oleh ibunya dan ditayangkan di BBC Inggris pada 2021 dalam rangka peringatan 10 tahun kematian penyanyi tersebut.

Selain itu, ada pula film dokumenter "AMY" (2015) yang memenangkan Oscar untuk sutradara Asif Kapadia, meskipun pada saat itu ayah Winehouse menyebutnya sebagai film yang menyesatkan.

"Kami sangat senang bahwa Studiocanal, Focus Features, dan Monumental membuat film ini untuk merayakan warisan musik yang luar biasa dari putri kami Amy dan menampilkan bakatnya dengan cara yang pantas," kata perwakilan Winehouse pada Jumat (13/1).


Baca juga: Kisah Amy Winehouse kembali diangkat menjadi film biografi

Baca juga: Barang-barang pribadi Amy Winehouse akan dilelang

Baca juga: Galang dana, Lady Gaga bawakan lagu Amy Winehouse

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023