Jakarta (ANTARA) - Bagi sebagian orang, tahun ini mungkin tepat untuk mengeksplorasi destinasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya usai relatif lama membatasi bepergian lantaran pandemi COVID-19.

Ada banyak tempat-tempat menarik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan traveling di tahun ini, mulai dari destinasi alam hingga sejarah dan budaya. Berikut ini deretan ide liburan ala Pegipegi di lima kota favorit yang bisa dimasukkan ke dalam travel bucket list tahun 2023:

Baca juga: Destinasi wisata Gili Trawangan Lombok Utara dilanda banjir
Ilustrasi kawasan wisata Lombok (Pexels)

Lombok

Saat ke Lombok, Pantai Kuta Lombok yang kerap dijuluki “Pantai Merica” lantaran tekstur pasirnya mirip dengan merica, bisa menjadi salah satu pilihan. Pantai dengan hamparan pasir putih yang masih alami ini juga dikelilingi perbukitan indah.

Selanjutnya, kunjungilah Desa Sukarara untuk melihat kehidupan warga desa yang begitu cakap dalam menghasilkan kerajinan tenun yang unik. Jangan lewatkan berkunjung ke Bukit Merese untuk melihat momen matahari terbit atau terbenam sambil menikmati panorama Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung yang airnya begitu jernih dan dihiasi ragam terumbu karang.

Berkunjung ke Pura Batu Bolong di kawasan Pantai Senggigi juga bisa jadi pilihan berikutnya. Sebab, kawasan ini menyajikan suasana khas seperti Tanah Lot Bali. Pura ini sudah berumur ratusan tahun, tapi tetap kokoh berdiri di tepian laut yang menghadirkan panorama indah.

Perjalanan berikutnya yakni menjelajahi Puncak Pergasingan di Desa Sembalun untuk melihat pemandangan menakjubkan petak-petak sawah berwarna-warni milik masyarakat setempat.

Baca juga: Pengelola Desa Wisata Sade Lombok mulai berbenah

Baca juga: Desa Wisata Bilebante ciptakan lapangan kerja bagi calon TKI

Baca juga: Sejumlah hotel di Lombok penuh dipesan jelang WSBK Mandalika 2022

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023