Kota Bogor (ANTARA) - Polresta Bogor Kota Polda Jawa Barat mengamankan truk Mitsubhisi bernomor polisi A-8767-YX mengangkut paving blok dari Tangerang, Provinsi Banten terguling di rel Batutulis Kota Bogor, Jawa Barat dan menabrak Nissan Livina No Pol : F-1844-EN akibat kehilangan kendali.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso di lokasi, Sabtu mengatakan kecelakaan terjadi sekitar pukul 5.30 WIB di Jalan Danansasmita tepatnya rel kereta api Bogor Selatan Kota Bogor.

"Satlantas Polresta Bogor segera meluncur menangani truk yang terguling dan mobil yang terabrak. Kita juga sudah kepinggirkan paving block yang tumpah ke jalan. Saya ikut membantu langsung," katanya.

Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso menerangkan awal mula kejadian kendaraan Mitsubishi Truck dengan nomor polisi A-8767-YX yang mengangkut paving blok datang dari arah Batutulis menuju arah Pamoyanan Kota Bogor.

Ketika melintasi Jalan Danansasmita tepatnya rel kereta api diduga kendaraan Mitsubishi Truck dengan nomor polisi A-8767-YX mengalami masalah pada pengereman sehingga tidak terkendali hingga truk terguling dan menabrak Kendaraan Nissan Livina bernomor polisi F-1844-EN yang datang dari arah Cipaku mengarah Batutulis.

Akibat kejadian tersebut Kendaraan Nissan Livina No Pol : F-1844-EN mengalami kerusakan pada bagian depan dan samping kanan.

Kombes Pol Bismo menyampaikan kecelakaan truk terguling terjadi diduga terjadinya masalah penyambungan listrik dalam proses backfeeding pada sistem rem truk jenis hidraulis dimana kampas rem mengalami panas berlebihan. Diduga meskipun kampas rem adalah komponen tahan panas, tetapi tetap ada batasnya.

Hal itu juga bisa disebabkan oleh beban angkut yang berat dan berada di turunan jalan, hal ini yang membuat truk hilang kendali dan terguling di atas rel kereta.

Kasatlantas Polresta Bogor Kompol Galih Apria menambahkan bahwa kecelakaan truk dengan mobil Livina tidak mengakibatkan korban. Hanya saja bagian depan dan samping mobil Livina rusak.

Proses evakuasi orang-orang di dalam mobil berikut mobilnya telah selesai dilaksanakan pada pukul 7.00 WIB. Petugas Satlantas dihadiri langsung Kapolresta Bogor Kota lanjut menyingkirkan paving block dari badan jalan untuk memastikan arus lalu lintas segera segera lancar kembali.

"Sekarang kondisi lalu lintas sudah berjalan kembali seperti biasa. Paving block sudah berada di pinggir jalan," katanya.

Baca juga: Sekeluarga di Bogor terperosok ke jurang karena mobil tak kuat nanjak

Baca juga: Dua mobil terlibat kecelakaan sebabkan jalur Puncak macet

Baca juga: Polisi imbau pengendara waspadai 20 titik rawan kecelakaan di Bogor

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023