Mensos langsung mendatangi sejumlah anak disabilitas tuna rungu dan menguji alat bantu dengar bantuan pemerintah
Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja dalam rangka menyerahkan bantuan  Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada para penyandang disabilitas di Desa Krosok, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu.

Bersama anggota DPR Sri Rahayu, setibanya di Desa Krosok, Mensos langsung mendatangi sejumlah anak disabilitas tuna rungu dan menguji alat bantu dengar bantuan pemerintah.

Mensos pun sumringah begitu alat bantu dengar bekerja efektif dan memberi dampak respon para disabilitas tuna rungu saat diajak bicara oleh mantan Wali Kota Surabaya itu.

“Panjenengan (anda semua) tidak boleh menyerah. Tidak ada yang tidak mungkin. Percayalah setiap orang pasti punya kekurangan. Tapi setiap orang punya kelebihan. Jadi bagaimana kita mendorong kelebihan kita untuk bisa berprestasi," katanya memberi semangat.

Turut hadir mendampingi Mensos, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Sukaji, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos, Nursyamsu, Kepala Sentra Terpadu "Prof. Dr. Soeharso" Surakarta Rachmat Koesnadi.

Pada kesempatan yang sama Mensos bersama legislator menyerahkan bantuan sekaligus berbincang serta menanyakan bantuan yang mereka dapatkan, salah satu penerima bantuan yang disapa adalah Afin.

Afin yang saat ini duduk di kelas 1 SLB merupakan penderita cerebral palsy dengan keterbatasan tungkai bawah dan mendapatkan bantuan berupa kursi roda multiguna , yakni kursi roda yang bisa digunakan untuk berdiri dan berjalan yang diatur secara elektrik, dikendalikan dengan "joystick".

Mensos berpesan kepada Afin untuk berhati-hati dalam menggunakan kursi rodanya. "Jangan ngebut ya nanti,' katanya kepada Afin.

Afin menyampaikan kegembiraannya serta mengucapkan terimakasih kepada Menteri Sosial RI atas bantuan yang didapatkanya.

"Terimakasih Bu Risma, Afin mau pakai buat jalan-jalan" katanya.

Sri Rahayu mengucapkan terima kasih atas respon Mensos terhadap permintaan bantuan dari Kabupaten Tulungagung khususnya dari Kecamatan Sedang.

"Terima kasih Bu Risma telah hadir untuk melihat secara langsung dan memberikan bantuan baik berupa alat maupun keterampilan untuk meningkatkan perekonomian yang bersangkutan" ucapnya saat memberikan sambutan.

Adapun total bantuan ATENSI penyandang disabilitas yang telah diberikan di Kabupaten Tulungagung sebesar Rp876.845.900 berupa alat bantu tongkat penuntun adaptif, alat bantu tangan dan kaki palsu, alat terapi, kursi roda, peralatan saran pendidikan, paket sembako, dan bantuan kewirausahaan.

Baca juga: Muhadjir minta program Atensi diperkuat

Baca juga: Mensos salurkan bantuan ATENSI Rp520 juta untuk kelompok terlantar

Baca juga: PT Pos Indonesia salurkan bantuan Atensi dari Kemensos

Baca juga: Mensos serahkan bantuan Atensi Rp2,6 miliar

 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023