Palangka Raya (ANTARA) - Satu orang utan pada 14 Januari 2023 ​​​​​​dilepasliarkan di kawasan wisata alam Tanjung Keluang, kawasan konservasi baru di wilayah Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

Menurut Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah Dendi Sutiadi di Pangkalan Bun, Senin, orang utan itu dievakuasi dari kawasan Bandar Udara Iskandar di Kota Pangkalan Bun pada 13 Januari 2023.

"Kami dibantu kawan-kawan dari OFI, Lanud Iskandar, dan Aviation Security atau petugas keamanan bandara berhasil melakukan penyelamatan individu orang utan yang masuk kawasan bandara Iskandar pada Jumat (13/1) sekitar pukul 10.30 WIB," kata Dendi.

Menurut dia, BKSDA menerima laporan dari Kepala Aviation Security Bandar Udara Iskandar, Murdoko, mengenai orang utan yang masuk ke kawasan bandara pada Jumat (13/1) sekitar pukul 09.00 WIB dan kemudian menurunkan petugas untuk mengevakuasi satwa liar tersebut.

Setelah dievakuasi dari kawasan bandara, orang utan tersebut dibawa ke Kantor Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun untuk diperiksa kesehatannya sebelum dilepaskan kembali ke alam liar.

"Orang utan tersebut umur sekitar 10 tahun, berat 30 kg, dan berjenis kelamin jantan. Saat kita amankan dalam kondisi sehat," kata Dendi.

Dia mengatakan bahwa pada tahun 2022 juga ada orang utan yang masuk ke kompleks bandara di Kota Pangkalan Bun.

​​​​​​​Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Iskandar Letkol Nav Rudy Kurniawan mengatakan bahwa anggotanya membantu penyelamatan orang utan yang masuk ke kawasan bandara pada 13 Januari 2023.

"Kita ikut langsung melakukan penyelamatan orang utan," katanya.

Evakuasi orang utan yang masuk ke kawasan bandara juga melibatkan petugas Orangutan Foundation International (OFI).

Baca juga:
BKSDA SKW Pangkalan Bun evakuasi dua orang utan dari permukiman
BKSDA melepasliarkan tiga orang utan di Taman Nasional BBBR

Pewarta: Rendhik Andika/M Husein Asy'ari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023