Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla melantik Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin sebagai Ketua PMI Provinsi wilayah setempat periode 2022-2027.

"PMI merupakan organisasi yang mengabdi kepada masyarakat dan bertugas untuk kemanusiaan. Kami harap para pengurus yang baru dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," katanya di Palangka Raya, Senin.

Baca juga: Ramadhan stok turun, PMI Palangka Raya ajak warga donorkan darah

Dia mengingatkan kepada para pengurus PMI di Kalteng itu untuk melaksanakan tugas dengan penuh kerelaan, keikhlasan dan sebagai pengabdian, baik dalam penanganan bencana maupun kesulitan masyarakat lainnya.

"Inti dari semua itu juga adalah kesiapan serta transparansi dalam melaksanakan tugas untuk diperolehnya kepercayaan dari masyarakat, sehingga kita dapat bekerja dan membantu masyarakat dengan optimal," katanya menjelaskan.

Baca juga: Tes antibodi COVID-19 di PMI Kotim-Kalteng diupayakan tetap Rp125 ribu

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengharapkan PMI ke depan dapat semakin memperkuat peran strategis yang dimiliki guna menghadapi berbagai tantangan maupun tugas kemanusiaan.

"Kembangkan inovasi dari sistem yang sudah ada, lakukan penyempurnaan jika diperlukan dan tetap semangat mengabdi kepada masyarakat atas dasar kemanusiaan," pintanya.

Baca juga: RSBA PMI Kalteng ramai didatangi warga terdampak asap

Dia menjabarkan, PMI sebagai garda terdepan dalam memberikan bantuan maupun layanan kemanusiaan bagi masyarakat khususnya saat terjadi bencana.

Untuk itu, PMI sebagai organisasi kemanusiaan diharapkan dapat selalu siap sedia dan berbenah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Inovasi dan gagasan baru harus dilakukan, agar PMI semakin dekat dengan semua kalangan masyarakat," kata Edy Pratowo.

Baca juga: PMI Kalteng bagikan 6.000 masker gratis atasi debu karhutla

Hingga pada akhirnya menjadi harapan semua pihak agar ide maupun terobosan baru yang dihasilkan ke depan mampu diimplementasikan dalam program kerja PMI Provinsi Kalimantan Tengah untuk selalu siap siaga menghadapi berbagai tantangan.

Adapun jajaran pengurus PMI Kalimantan Tengah 2022-2027 meliputi Gubernur Sugianto Sabran sebagai Pelindung,
Nuryakin Ketua, Siti Nafsiah Wakil Ketua, Suprayitno Sekretaris, Rahmad Handoko Wakil Sekretaris, Eryana Rahmadaniah sebagai Bendahara, Partiani Wakil Bendahara, serta delapan ketua bidang dan tiga anggota bidang lainnya.

Baca juga: JK: Fenomena industri rumah sakit berjaringan ciptakan efisiensi
Baca juga: Jusuf Kalla: HUT Ke-77 PMI angkat tema Terus Berbuat Kebaikan

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023