Jayapura (ANTARA) - Pejabat Kedutaan Besar (Kedubes) Australia melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua guna mempererat kembali kerja sama khususnya di bidang pendidikan, pelayanan masyarakat yang mana selama ini telah terbangun di Bumi Cenderawasih.

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Steve Scott di Jayapura, Senin, mengatakan kunjungan ini sangat penting dilakukan yang mana setelah tiga tahun pandemi COVID-19 .

“Kami ingin meningkatkan kerja sama telah terjalin selama ini baik di bidang pendidikan, pelayanan masyarakat, kesehatan dan pemerintahan” katanya.

Menurut Steve, mempererat kerja sama tersebut sangatlah penting apalagi dari sisi geografis Australia dan Indonesia Timur cukup dekat.

Baca juga: Wakapolda Papua terima kunjungan pejabat Kedubes Australia

Baca juga: Polisi antisipasi pengiriman simbol separatis dari Australia


“Kami sangat senang sekali untuk kembali berada di Papua, tentunya Indonesia yang mana merupakan mitra sangat penting bagi Australia,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada pertemuan tersebut pihaknya membahas perkembangan dan situasi terkini pandemi COVID-19, selain itu Australia memiliki mitra-mitra pembangunan di Papua.

“Untuk program khusus bagi Papua kami memiliki skala yang mana programnya fokus di berbagai pelayanan masyarakat baik di bidang Kesehatan, Pendidikan serta pelayanan pemerintahan,” katanya lagi.

Sementara itu, Asisten Bidang Umum Sekretaris Daerah Papua Derek Hegemur mengatakan pihaknya mengapresiasi kedatangan Kedubes dari Australia dan berbagai kerja sama selama ini.

“Sehingga ke depan menjadi bagian dari kerja sama yang perlu ditingkatkan lagi khusus pada program-program yang basis pelayanan kepada masyarakat,” kayanya.

Sebelumnya, pada kunjungan itu Derek Hegemur didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Kominfo, Kepada Dinas Pendidikan Kesbangpol, Bapenda serta instansi lainnya di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Papua.*

Baca juga: Polda Jatim dan KBRI Australia berkomunikasi terkait kasus Veronica

Baca juga: Papua Terkini- WN Australia terkait unjuk rasa Papua dipulangkan


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023