Makassar (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan ikut menabur bunga memperingati Hari Dharma Samudera 2023 di Perairan Makassar.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Brigjen TNI (Mar) Amir Kasman di Makassar, Senin, mengatakan upacara tabur bunga adalah salah satu momentum dalam memperingati perjuangan para pahlawan laut.

"Peringatan Hari Dharma Samudera digelar untuk menghargai perjuangan para pahlawan laut yang mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan dan kedaulatan negara," ujarnya.

Brigjen TNI Amir Kasman memimpin langsung upacara tabur bunga dengan diikuti oleh para unsur Forkopimda Sulsel dan para unsur maritim lainnya.

Baca juga: Danlanal Kendari pacu semangat patriotisme di Hari Dharma Samudera

Baca juga: Kasal pimpin upacara tabur bunga peringati Hari Dharma Samudera 2023


Dia mengungkapkan kisah pertempuran Komodor Yosaphat atau Yos Sudarso di Laut Arafuru melawan penjajah Belanda menjadi salah satu cerita heroik yang akan selalu dikenang bangsa Indonesia.

Amir Kaaman mengatakan keberaniannya bertempur di garis terdepan hingga meregang nyawa di lautan lepas menggambarkan cintanya pada Indonesia yang besar.

"Yos Sudarso dan para awak kapalnya gugur di Laut Arafuru, Papua, saat KRI Macan Tutul yang ditumpangi tenggelam usai ditembak oleh kapal patroli milik armada Belanda," katanya.
 


Pada Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera 2023 di laut, diawali dengan penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para Pahlawan, kemudian melaksanakan pelarungan bunga oleh Irup yang dilanjutkan dengan tabur bunga yang diikuti para undangan.

"Sesuai dengan perintah Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali agar seluruh jajaran TNI AL melaksanakan peringatan Hari Dharma Samudera tanggal 15 Januari 2023 dan peringatan tersebut kami laksanakan pada tanggal 16 Januari 2023 di atas geladak Heli KRI Makassar-590," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Dansatlinlamil-3 Makassar, Dansatrol Lantamal VI, Ketua beserta Pengurus Korcab VI DJA II, para Personel Militer dan PNS Mako Lantamal VI serta Pramuka Saka Bahari SMA Hang Tuah Makassar.*

Baca juga: Lanal Kendari ziarah ke makam pahlawan peringati Hari Dharma Samudera

Baca juga: Lantamal Ambon gelar tabur bunga peringati pertempuran Laut Aru

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023