Makassar (ANTARA) - Bupati Sidrap, Dollah Mando, mengikuti pengarahan yang digelar Forkopimda Sulawesi Selatan untuk menyukseskan Pemilu Damai 2024. "Kita berharap pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar, aman dan damai. Kami bersama Forkopimda Sidrap lainnya juga terus berkoordinasi untuk menyukseskan pemilu," ujarnya di Makassar, Rabu.

Ia yang datang bersama anggota lain Forkopimda Kabupaten Sidrap mengatakan sinergitas dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjadi salah satu kunci terciptanya Pemilu Damai.

Baca juga: Bupati Sidrap harap pusat pariwisata PLTB mampu tingkatkan wisatawan

Ia pun berharap upaya-upaya mitigasi dan komitmen bersama seluruh masyarakat dalam menyukseskan Pemilu Damai itu berlangsung selamanya sesuai dengan mottonya pesta demokrasi. "Segala cara dan upaya akan kita lakukan untuk bisa menciptakan pemilu damai termasuk komitmen bersama semua pihak," katanya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan pentingnya kolaborasi pemerintah provinsi, pemerintah daerah, dan lembaga terkait untuk memastikan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 di Sulawesi Selatan berjalan sukses dan aman.

Baca juga: Sebanyak 235 narapidana Lapas Sidrap terima remisi kemerdekaan

Ia pun menekankan peran pemerintah daerah dalam mengawal dan mensukseskan penyelenggaraan tahapan pemilu dan pilkada. “Salah satunya kesiapan anggaran,” ujarnya yang juga Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu.

Kepala Polda Sulawesi Selatan, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Harso,mengatakan, Rakor Forkompinda Sulawesi Selatan dengan Rakor Forkopimda Kabupaten/Kota serta Forkopimcam se Sulawesi Selatan yang dilaksanakan saat itu bertujuan untuk menyatukan persepsi, dalam memantapkan sinergitas antara seluruh pemangku kepentingan dengan berbagi informasi, kordinasi integrasi, sinkronisasi, dan bersinergi.

Baca juga: Pemkab Sidrap gelar Expo Merdeka semarakkan HUT RI

"Saya berharap kita semua harus terus bersinergi dan saling bekerjasama untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di Provinsi Sulawesi Selatan," kata dia.

Ia menyatakan, rapat koordinasi Forkopimda se-Sulawesi Selatan merupakan hal yang dinilai sangat penting dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2023-2024 dalam meningkatkan dan memantapkan keterpaduan tugas dan fungsi antardinas dan instansi terkait.

Baca juga: Pertagas raih penghargaan internasional lewat program Taman Sidrap

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023