Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan semacam ini sebagai bentuk tanggung jawab kami terhadap perkembangan ekonomi lokal
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan menggelar pameran pembangunan daerah dan UMKM bertajuk "Expo Merdeka" dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan ke-78 RI

Expo Merdeka akan berlangsung selama 15 hari dari 12 - 26 Agustus 2023, menghadirkan sekitar 80 gerai, mulai dari gerai pemda, layanan loket pembayaran PBB-P2, BUMN dan pelaku UMKM. Selain itu panitia juga menghadirkan berbagai hiburan.

Ketua Panitia Nasruddin Waris melalui keterangan rilisnya di Makassar, Minggu, menyampaikan tujuan pameran untuk mengekspos sejauh mana kinerja penyelenggaraan pembangunan selama ini serta mengangkat potensi UMKM.

Agar lebih meriah, Expo Merdeka juga menghadirkan beberapa hiburan, seperti panggung hiburan untuk pementasan lomba nyanyi solo dan vocal group lagu-lagu perjuangan.

"Melalui Expo UMKM ini diharapkan semakin mendorong UMKM meningkatkan pemasaran produknya. Expo juga mencerminkan semangat kerja sama yang harus kita pupuk antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat," katanya.

Kegiatan yang dipusatkan di pelataran Monumen Ganggawa Pangkajene, Kecamatan Maritengngae itu dibuka Sekretaris Daerah Basra pada Sabtu malam (12/8).

Mewakili Bupati Sidrap, dia menyambut baik pameran karena selain memeriahkan HUT ke-78 RI, juga mampu menjadi hiburan bagi masyarakat.

Pameran pembangunan dan UMKM merupakan refleksi dari semangat kerja sama, inovasi, dedikasi dan komitmen untuk mendorong perkembangan ekonomi daerah dengan UMKM sebagai salah satu pilar utama.

"Pameran ini adalah bukti konkret upaya untuk memajukan ekonomi lokal, mengembangkan potensi dan meningkatkan daya saing UMKM," ujar dia.

Basra lalu menyatakan, expo semacam itu akan tetap diadakan karena bermanfaat bagi pelaku UMKM untuk memperluas jaringan serta mendapatkan peluang bisnis yang lebih luas.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan semacam ini sebagai bentuk tanggung jawab kami terhadap perkembangan ekonomi lokal," kata dia.

Hadir dalam pameran tersebut, Kasdim 1420 Sidrap, Mayor Arm. Arie Widarto, Kabag Ops Polres Sidrap, Kompol Nasri, Kasi Pidum Kejaksaan Sidrap Adhy Haryadi Annas, Ketua Pengadilan Agama Sidrap Hj Hidayani, dan Ketua Kadin Sidrap Andi Muhammad Yusuf Ruby.

Tampak pula, pejabat Pemkab Sidrap, pimpinan BUMN, BUMD dan instansi vertikal, camat, pengusaha dan pelaku UMKM Sidrap.

Baca juga: Pemkab Sidrap raih penghargaan dari Menkeu setelah lima kali raih WTP

Baca juga: Pemprov Sulsel-PT Pelindo IV teken MoU pembangunan dry port di Sidrap

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023