Alhamdulillah para pengunjung sangat antusias yang datang ke stan-stan UMKM mitra binaan PT Timah Tbk.
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk membantu memasarkan produk UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di Pameran Sobat Energi Belanja UMKM 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"PT Timah membantu belasan UMKM mitra binaan dengan jumlah produk sekitar 200 produk dalam pameran yang digelar Kementerian ESDM dan Kemenko di Jakarta," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan beberapa produk UMKM mitra binaan PT Timah yang dipasarkan dalam dua pameran ini, di antaranya lada bangka, batik belitung, pewter, aksesoris, sambelingkung, pilus ikan, minuman Sari Jeruk Kuci, dan berbagai produk khas daerah Kepulauan Babel lainnya.

"Alhamdulillah para pengunjung sangat antusias yang datang ke stan-stan UMKM mitra binaan PT Timah Tbk, sehingga sangat membantu pelaku usaha memasarkan dan mempromosikan produk unggulan daerah ini ke tingkat nasional," katanya pula.

Ia menyatakan dalam memajukan UMKM di Provinsi Kepulauan Babel, PT Timah Tbk telah mempromosikan produk mitra binaannya dalam berbagai pameran mulai dari tingkat lokal, nasional hingga event-event internasional.

"Kami berharap pameran ini dapat membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan produknya menjelang Lebaran Idul Fitri tahun ini," katanya lagi.

Sekjen Kementerian ESDM Kusdiana mengatakan Sobat Energi Belanja UMKM 2024 merupakan program tahunan yang digelar sebagai upaya nyata dalam mewujudkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Koperasi, untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Pada pameran tahun ini terdapat 48 tenant yang berpartisipasi dengan harapan dapat mencapai target 2.000 pengunjung," katanya.

Ia menekankan pameran ini tidak hanya tentang bisnis semata, namun juga merupakan wujud kepedulian terhadap UMKM serta kebutuhan masyarakat di Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

"Saya ingin mengingatkan dan memastikan kepada pengisi bazar ini adalah bazar yang mengandung pengertian bahwa harga harus kompetitif, mendorong UMKM, dan juga kita ingin membantu menyediakan keperluan terkait bulan Ramadhan dan Idul Fitri ini," ujarnya lagi. 
Baca juga: PT Timah bangun 2.360 meter penahan abrasi di Kepri
Baca juga: PT Timah siapkan 700 kuota mudik gratis ke Babel dan Kepri

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024