Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk menyiapkan 700 kuota mudik gratis ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Kepulauan Riau (Kepri) guna membantu masyarakat perantau merayakan Idul Fitri 2024 di kampung halaman mereka.

"Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, mudik gratis ini dimulai 29 Maret tahun ini," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah, PT Timah bersama Kementerian BUMN menggelar Mudik Gratis 2024 yang tergabung dalam Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024.

Baca juga: Siap-Siap Daftar! Pegadaian Kembali Menggelar Program Mudik Asik Bersama BUMN

Mudik gratis tahun ini pihaknya menyediakan 700 kuota peserta, dimana tujuan Bangka (Pangkalpinang, Muntok, Toboali, Belinyu) dengan kuota 375 orang, Belitung (Belitung dan Belitung Timur) dengan kuota 235 orang, dan Kepri  (Tanjung Balai Karimun) dengan kuota 50 orang.

"Untuk keberangkatan di beberapa titik mulai dari Jakarta, Bandung, Palembang, dan Yogyakarta, akan menggunakan transportasi bus dan kapal," ujarnya.

Dalam menyukseskan Mudik Asyik Bersama BUMN tahun ini, pihaknya berkolaborasi dengan Ikatan Siswa, Mahasiswa Bangka (ISBA), Ikatan Pelajar Keluarga Belitong (IKPB) dan KPMKR (Keluarga Pelajar Mahasiswa Kepulauan Riau).

Baca juga: PLN buka pendaftaran "Mudik Asyik Bersama BUMN" untuk 10 ribu orang

"Mudik gratis ini merupakan program rutin yang dilakukan PT Timah untuk membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga di Hari Raya Idu Fitri nanti," katanya.

Menurut dia, mudik gratis merupakan kegiatan kolaborasi dengan Kementerian BUMN untuk membantu masyarakat bisa mudik dengan aman, nyaman, dan lebih ramah.

"Melalui mudik bersama ini juga akan mengalihkan pengguna kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan. Selain itu dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi juga akan mengurangi emisi," katanya. 

Baca juga: Pelni adakan Mudik Asyik bersama BUMN 2024

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024