Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara terutama pada sore hingga malam hari.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo di Medan, Selasa, mengatakan, sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang di wilayah pegunungan, lereng barat, dan pantai barat Sumatera Utara pada sore hingga malam hari," katanya.

Secara umum cuaca dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan di seluruh wilayah Sumatera Utara dan hujan sedang hingga lebat di wilayah Kepulauan Nias.

Siang dan sore hari berpotensi hujan lebat di wilayah Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Humbahas, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Pakpak Bharat, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Mandailing Natal, dan Kepulauan Nias.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi banjir rob seiring fenomena bulan baru

Malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Kepulauan Nias, dan Mandailing Natal.

Dini hari berpotensi hujan ringan di Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal. Hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Nias.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat pesisir waspada gelombang tinggi

Suhu udara 18.0-31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 65-98 persen, dan angin berhembus dari utara-timur dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023