Kuala Lumpur (ANTARA) - Mahasiswa UCSI University asal Indonesia, Elhami Syifa Ismail, menyelesaikan program magang yang diselenggarakan Perum LKBN ANTARA Biro Kuala Lumpur.

“Alhamdulillah, proses magang berjalan lancar, dan dapat diselesaikan dengan baik,” kata Plt Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Biro Kuala Lumpur Virna Puspa Setyorini di Kuala Lumpur, Selasa.

Selama menjalankan program magang, menurut dia, Elhami Syifa Ismail yang akrab disapa Ami yang merupakan mahasiswa komunikasi massa dari UCSI University tersebut berkesempatan terjun langsung meliput sejumlah peristiwa penting di Malaysia.

Beberapa di antaranya pertemuan koalisi partai Pakatan Harapan (PH) dan Barisan Nasional di Hotel Seri Pacific setelah Pemilu ke-15 Malaysia dilaksanakan. Selain juga proses penyerahan nama calon Perdana Menteri Malaysia ke-10 oleh Ketua Koalisi Pakatan Harapan dan Perikatan Nasional (PN) ke Istana Negara.

Baca juga: Mahasiswa IAIH NW Lombok Timur magang di ANTARA Biro NTB

Baca juga: Mahasiswi Komunikasi Universitas Mataram magang di LKBN ANTARA NTB


Ami, menurut dia, juga mendapat bekal teknik penulisan berita hingga karangan khas sesuai dengan “stylebook ANTARA”, memproduksi berita video dan foto untuk portal kl.antaranews.com, hingga menyiapkan konten untuk media sosial Instagram @antarakualalumpur.

“Semoga pengalaman magang di ANTARA Kuala Lumpur dapat menjadi bekal yang bermanfaat saat benar-benar nanti memasuki dunia kerja,” kata Virna.

Sementara itu, Ami mengatakan pengalaman magang di ANTARA Kuala Lumpur luar biasa, karena dalam waktu dua bulan bisa merasakan langsung bagaimana bekerja sebagai jurnalis.

Terlebih, menurut dia, sejak 2019 perkuliahan mayoritas dilaksanakan secara daring. Sehingga terasa benar tantangannya saat menerapkan ilmu yang sudah diperoleh di lapangan.

“Saya memang suka menulis, tapi ternyata menulis berita atau artikel untuk media berbeda dari bayangan saya. Tidak asal menulis saja,” ujar dia.

Ami yang merupakan mahasiswa Indonesia asal Pekanbaru, Riau, telah menyelesaikan program magang selama dua bulan sejak 17 November 2022 sampai dengan 17 Januari 2023 di ANTARA Biro Kuala Lumpur.*

Baca juga: LKBN ANTARA buka pelatihan magang jurnalistik mahasiswa UIN Mataram

Baca juga: ANTARA berkomitmen jadikan generasi muda pekerja andal


Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023