Jakarta (ANTARA) - Dalam sebuah ritual tahunan, ratusan pemilik hewan peliharaan di Spanyol membawa hewan mereka ke gereja pada Selasa (17/1), di mana para imam Katolik memberkati mereka pada Hari St Anthony the Abbott, santo pelindung hewan.

Beberapa anjing menggonggong, tetapi sebagian besar hewan lain menunggu dengan sabar untuk diperciki air suci di tangga Gereja St Anthony's bergaya barok di Madrid tengah.

Selain anjing, sejumlah hewan yang turut memperoleh pemberkatan di hari itu ada kucing, ferret, dan berbagai jenis burung, seperti dilaporkan Reuters pada Kamis, waktu setempat.

Baca juga: Dokter hewan sarankan tunggui "anabul" saat "grooming"

Pendeta Angel Garcia kemudian mengucapkan Misa di depan puluhan hewan peliharaan di dalam ruang, juga menghampiri beberapa lainnya yang menunggu di bangku.

Salah seorang yang pergi ke gereja untuk ritual ini adalah Carlos Cabestany (51). Ia membawa anjing greyhound miliknya yang bernama Rita.

"Ini adalah tradisi Madrid dan kami ingin mempertahankannya," kata Carlos Cabestany.

Adalah Santo Fransiskus, seorang biarawan gereja Katolik kelahiran Kota Assisi, Italia, pada 5 Juli 1182, yang mendirikan Ordo Fratrum Minorum pada tahun 1209 dan pengikutnya disebut dengan Fransiskan.

Dia merupakan santo pelindung hewan, pedagang, dan lingkungan. Dari dia lah ritual pemberkatan hewan peliharaan bermula.

Baca juga: Sedang sakit akibat pancaroba? Jauhi anabul agar mereka tak tertular

Baca juga: Anjing atau manusia yang lebih banyak menangis saat bertemu?

Baca juga: Habiskan akhir pekan bersama anabul di "The Jakarta Dog Show 2022"

Penerjemah: Siti Zulaikha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023