Jakarta (ANTARA) - Pebalap putri asal Inggris Jamie Chadwick merawat mimpinya berkompetisi ke kejuaraan dunia Formula 1 menyusul kontrak baru dengan tim Williams Racing pada Rabu.

Chadwick, yang merupakan juara tiga kali kejuaraan W Series bagi para pebalap putri, akan melanjutkan tugasnya sebagai pebalap Driver Academy Williams yang ia ikuti sejak 2019.

Chadwick akan bertugas dalam program simulator untuk membantu pengembangan dirinya sebagai seorang pebalap dan mendukung persiapan tim dalam balapan.

"Melanjutkan hubungan saya dengan Williams ini luar biasa," kata Chadwick dikutip laman resmi tim.

Baca juga: Williams tunjuk eks direktur strategi Mercedes sebagai kepala tim

"Mendapat kesempatan untuk melibatkan diri saya dalam tim ini dan menjaga mimpi ke Formula 1 tetap hidup itu penting.

"Saya menantikan apa yang bisa kami lakukan bersama."

Sepanjang musim 2023, Chadwick akan bekerja di fasilitas tim di Grove, Inggris, serta menjalani kejuaraan INDY NXT di Amerika Serikat dengan tim Andretti Autosport.

"Dia (Chadwick) adalah pebalap yang sangat bertalenta dan panutan yang penting dalam menginspirasi generasi perempuan di olahraga balap berikutnya," kata sporting director Williams Racing Sven Smeets.

Formula 1 belum memiliki pebalap putri lagi sejak 1976. Sedangkan IndyCar telah menyaksikan delapan perempuan bertarung di kompetisi itu dalam dua dekade terakhir.

Baca juga: Andretti dapat dukungan Cadillac untuk ikuti Formula 1
Baca juga: Vasseur resmi gantikan Binotto sebagai kepala tim Ferrari mulai 2023

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023