daun kecipir mentah mengandung zat toksik sianida yang tak bisa diterima bayi khususnya berusia di bawah enam bulan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si mengatakan seorang anak baru dapat diperkenalkan kecipir setidaknya saat berusia satu tahun.

"Kalau kecipir mau diperkenalkan, itu paling cepat umur satu tahun," kata dia saat dihubungi ANTARA, Rabu (18/1) malam.

Baca juga: Kata dokter tentang pemberian jamu pada bayi

Tania mengatakan, daun kecipir mentah mengandung zat toksik sianida yang tak bisa diterima bayi khususnya berusia di bawah enam bulan. Namun, zat toksik ini akan hilang saat daun dimasak.

Kecipir yang merupakan golongan kacang-kacangan juga kaya protein baik itu bagian daun maupun podsnya sehingga seringkali belum bisa diterima oleh bayi di bawah usia enam bulan.

Tak hanya itu, daun serta bagian tanaman kecipir lainnya juga mengandung sedikit asam oksalat yang dapat saja menimbulkan batu ginjal dan menimbulkan gangguan ginjal.

"Bayi (di bawah usia enam bulan) juga kemungkinan besar tidak bisa menerima walaupun kadar asam oksalatnya kecil," kata Tania.

Adapun herbal kencur baru mulai bisa diberikan pada saat bayi berusia di atas enam bulan yaitu ketika dia sudah mulai mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI).

"Jadi, kencur sudah mulai bisa diperkenalkan pertama-tama melalui makanan, sebagai bumbu masakan. Bisa dengan takaran seperenambelas sendok teh atau seperdelapan sendok teh," saran Tania.

Dia mengingatkan, anak berusia di bawah enam bulan seharusnya hanya eksklusif menerima ASI atau jika tidak bisa diberikan ASI eksklusif maka hanya bisa diberikan susu formula, karena sistem pencernaan dan imunitas tubuhnya belum sempurna.

Menurut dia, saat ini kecenderungan bayi memiliki alergi yang tidak diketahui sebabnya, termasuk alergi kacang-kacangan semisal kacang kedelai. Tania mengatakan, umumnya bayi yang memiliki alergi kacang kedelai juga alergi terhadap kacang jenis lainnya termasuk kecipir. Sesak napas merupakan salah satu tanda alergi, seperti dialami bayi berusia 54 hari yang meninggal usai diberi ramuan daun kecipir dan kencur.


Baca juga: Sayur Asem Betawi ini berbahan tak biasa

Baca juga: Dokter: Daun kecipir mentah mengandung sedikit toksik

Baca juga: Tips racik jahe, beras kencur dan kunyit jadi lebih modern

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023