Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa bermagnitudo 7,1 pada Rabu (18/1) siang, menyebabkan sejumlah kerusakan pada rumah tinggal di Kabupaten Morotai, Maluku Utara.

“Dua unit rumah rusak di Desa Sabatai Tua, Kecamatan Morotai Selatan dan empat unit rumah rusak di Desa Sangowo Barat, Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Morotai,” ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.

Abdul mendapatkan laporan dari BPBD Kabupaten Pulau Morotai bahwa sedikitnya ada 24 jiwa yang terdampak gempa tersebut.

Namun, tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu. Sementara itu, situasi sudah kondusif dan kerugian material masih dalam pendataan lebih lanjut.

Baca juga: BNPB: Pulau Morotai berpotensi gempa intensitas sedang sampai tinggi

Baca juga: BNPB ke Morotai cek 312 rumah rusak akibat gempa


Abdul juga mengatakan, laporan sementara dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa yang berpusat di 2.80 LU dan 127.11 BT itu juga dirasakan di Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Berikutnya Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe di Provinsi Sulawesi Utara, juga melaporkan guncangan gempa dengan periode waktu antara 20-25 detik.

“Hingga saat ini, BMKG mencatat sebanyak 31 gempa susulan dengan skala M 3.8 sampai dengan M 5.3 yang berpusat tak jauh dari lokasi episentrum gempa utama,” ujar Abdul.

Sebagai antisipasi adanya potensi dampak gempa susulan, BPBD setempat telah memberikan rekomendasi kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selanjutnya BPBD juga mengimbau masyarakat untuk selalu memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum memutuskan untuk kembali ke dalam rumah masing-masing.*

Baca juga: BNPB: Ratusan rumah warga Morotai rusak akibat gempa Magnitudo 6,8

Baca juga: Aktivitas seismik di Morotai meningkat selama Mei, picu gempa kuat

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023