Pangkalpinang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Naziarto mendorong percepatan program satu rumah terdapat dua sarjana sebagai langkah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami ingin dalam setiap rumah terdapat dua orang sarjana," kata Naziarto saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Menengah Tahun 2023 di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan rapat koordinasi bertemakan "Melalui Sinergitas Kita Tingkatkan Layanan dan Mutu Pendidikan di Provinsi Kepulauan Babel Tahun 2023" ini, membahas Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi, APK Pendidikan Menengah, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan  Mutasi.

Baca juga: Seluruh kabupaten/kota di Babel raih Penghargaan Layak Anak 2022

"Kami berharap kepala sekolah dan guru di sekolah ikut mendorong dan menanamkan kepada orang tua siswa untuk memprioritaskan pendidikan anak-anaknya guna mewujudkan satu rumah dua sarjana ini," katanya.

Ia mengajak semua pihak untuk bisa menanamkan kepada para orang tua yang ada di masyarakat agar dapat menanamkan hal tersebut.

"Supaya orang tua yang berhasil sebagai orang tua, apabila orang tuanya hanya tamat SD atau tidak tamat SD, tetapi dia mampu menyekolahkan anaknya tamat SMP 1 tingkat di atasnya, itu sudah berhasil, apalagi dia bisa menyekolahkan anaknya tamat SMA lebih berhasil, apalagi kalau dia sampai sarjana S1, sampai S2, dan S3, itu baru orang tua yang berhasil, kita tanamkan itu kepada para orang tua yang ada di Kepulauan Babel," ungkapnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Kepulauan Babel M. Soleh mengatakan melalui dinas pendidikan, prestasi pembangunan pendidikan di Provinsi Bangka Belitung semakin baik.

"Ujung tombaknya para guru dan mudah-mudahan melalui kegiatan pada hari ini bisa memberikan, menambah wawasan, atau pembuka mata hati untuk bisa lebih baik lagi bekerja ke depannya," katanya.

Baca juga: 1.200 guru ikuti pertemuan GTKK PAUD nasional di Babel

Baca juga: Ribuan Guru Babel Belum Berijazah Strata 1


 

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023