"Dalam setahun ke depan, yang terpenting harus ada prestasi, serta peningkatan pembangunan Kota Batu," kata Aries.
Surabaya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai usai dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (19/1) malam, mulai menempati kantor barunya di Kota Batu pada Jumat ini.

Aries Agung Paewai dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Jumat, mengatakan, hari pertama kerjanya adalah menerima kunjungan Menteri Sosial dan Menteri Keuangan di Kota Batu yang dijadwalkan pada Jumat ini.

"Dalam setahun ke depan, yang terpenting harus ada prestasi, serta peningkatan pembangunan Kota Batu," kata Aries.

Untuk itu, Aries berharap menerima masukan dari masyarakat, anggota DPRD hingga tokoh agama di Kota Batu.

"Kami menginginkan Kota Wisata Batu betul-betul menjadi pusat wisata di Jawa Timur, yang bisa kami kembangkan bersama," ujar dia.

Gubernur Khofifah mengatakan, pihaknya baru Senin (16/1) sore menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri. Selanjutnya gubernur diminta mengoordinasikan tindak lanjutnya pada Kamis (19/1) sore atau Jumat (20/1) pagi.

Sebelum Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri turun, Khofifah telah mengangkat Sekretaris Daerah Kota Batu Zadim Efisiensi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Batu, setelah Wali Kota Dewanti Rumpoko dan Wakilnya Punjul Santoso habis masa jabatannya pada 26 Desember 2022.

Sementara Aries Agung Paewai sebelumnya adalah Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya akan memimpin roda pemerintahan Kota Batu hingga digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dijadwalkan tahun 2024.

Gubernur Khofifah meyakini koordinasi, kolaborasi dan sinergi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu dengan PJ Wali Kota Aries Agung Paewai akan berjalan lancar.

"Prioritasnya kalau sekarang adalah menyiapkan rencana kerja pembangunan daerah atau RKPD tahun 2024. Semua kabupaten/ kota sudah siap-siap semuanya. Saya rasa Pak Aries sudah pahamlah itu semua yang harus dilakukan," kata Mantan Menteri Sosial itu.
 

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023