Bantul (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menutup pendaftaran anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat Desa atau Kelurahan untuk Pemilu 2024 dengan total jumlah pelamar sebanyak 323 orang.

"Bawaslu Bantul melalui 17 Panwaslu Kecamatan menutup pendaftaran Panwaslu Desa untuk Pemilu 2024 pada 19 Januari. Ini dilakukan sesuai dengan timeline yang ada di pedoman pembentukan Panwaslu Desa dari Bawaslu RI," kata Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Bantul Nuril Hanafi di Bantul, Jumat.

Dia menyebutkan, dari hasil pendaftaran yang dibuka sejak 14 sampai 19 Januari, diperoleh total pendaftar dari 75 desa se-Bantul sejumlah 323 pendaftar dengan rincian 163 laki-laki dan 160 perempuan, secara prosentase pendaftar perempuan sebesar 49,54 persen.

Dengan jumlah pendaftar tersebut, kata dia, maka tidak ada perpanjangan pendaftaran calon anggota panwaslu desa karena telah terpenuhi minimal jumlah pendaftar dua kali kebutuhan, kebutuhan tiap desa berjumlah satu orang.

"Sesuai Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, diatur bahwa Panwaslu Desa terdiri dari satu orang setiap desa, selain itu juga memperhatikan keterpenuhan pendaftar perempuan sebesar 30 persen, dan sudah terpenuhi," katanya.

Nuril mengatakan, proses selanjutnya adalah penelitian berkas administrasi pelamar, dan hasilnya yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan pada 28 Januari oleh panwaslu masing-masing kecamatan.

Bagi pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi wawancara yang akan dilaksanakan pada 31 Januari sampai 2 Februari 2023.

"Sedangkan bagi pendaftar yang dinyatakan terpilih menjadi anggota Panwaslu Desa akan diumumkan pada 4 Februari 2023," katanya.

Bawaslu Bantul berharap dari proses pendaftaran dan penjaringan ini akan terpilih anggota Panwaslu Desa yang berintegritas, profesional, dan berkualitas dalam melaksanakan kinerja pengawasan Pemilu serentak Tahun 2024.

"Sehingga harapannya akan terwujud Pemilu yang demokratis, berintegritas, jujur, dan adil khususnya di wilayah Kabupaten Bantul," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023