Jakarta (ANTARA) - Personel Kepolisian Sektor (Polsek) Tambora, Jakarta Barat, mengecek vihara dan klenteng yang ada di wilayah itu untuk memastikan keamanan peribadatan menjelang Imlek tahun 2023.

"Di wilayah Tambora ada sekitar 20 vihara siap menjalani perayaan Imlek 2023. Hari ini ada 18 vihara dan klenteng yang ibadah. Besok (Minggu) 16 vihara yang ibadah," kata Kepala Polsek Tambora Komisaris Polisi Putra Pratama di Tambora, Sabtu.

Putra menegaskan, pihaknya siap mengamankan perayaan Imlek 2023. Salah satunya dengan melakukan asesmen atau penilaian risiko keamanan vihara dan klenteng yang ada di wilayah tersebut.

Vihara dan klenteng yang melaksanakan peribadatan menjelang perayaan Imlek 2023 sudah dicek demi memastikan tempat ibadah itu representatif dan aman bagi warga yang beribadah.

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan 4.550 personel untuk pengamanan Imlek
Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan personel di titik rawan kemacetan saat Imlek

Putra menjelaskan, poin yang dicek antara lain ketersediaan lahan parkir, pengecekan sistem pengamanan internal, sistem antisipasi kebakaran, jalur masuk, jalur keluar, jalur evakuasi, jadwal kegiatan ibadah, jumlah jamaah dan lain-lain.

"Seluruh vihara dipastikan telah melakukan persiapan bagi umat yang ingin beribadah. Polsek Tambora hadir bersinergi dengan Koramil, Kecamatan Tambora dan pihak lainnya di Tambora," katanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, 4.550 personel gabungan dikerahkan untuk menjaga keamanan perayaan Imlek 2023 di wilayah hukum Polda Metro Jaya agar lancar.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.403 personel Polda Metro Jaya, 1.513 orang personel jajaran Polres, 343 personel TNI dan 1.291 aparatur pemerintah daerah setempat.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023