Jakarta (ANTARA) - Dalam pekan ini Kementerian Agama mengusulkan kenaikan biaya perjalanan ibadah haji, Menteri Sosial mengeluarkan surat edaran mengenai larangan mengeksploitasi warga lanjut usia, dan banjir melanda bagian wilayah Kabupaten Pidie.

Selain itu ada warta mengenai acara menyambut Imlek serta permainan lato-lato yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Kemenag usulkan rerata biaya perjalanan haji Rp69 juta per orang

Kementerian Agama (Kemenag) pada Kamis mengusulkan rerata biaya perjalanan ibadah haji atau Bipih Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi sebesar Rp69.193.733 per orang, naik dari sekitar Rp39 juta pada tahun 2022. Kemenag menyampaikan bahwa pengusulan biaya haji sudah memperhitungkan penurunan tarif paket layanan haji.

Komnas Haji sebut kenaikan biaya haji demi keberlangsungan keuangan

Komisi Nasional Haji dan Umrah menyebut kenaikan biaya haji yang diusulkan oleh Kementerian Agama dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI semata-mata demi kemaslahatan umat dan keberlanjutan manfaat pengelolaan keuangan haji.

12 kecamatan di Kabupaten Pidie dilanda banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie di Provinsi Aceh menyampaikan bahwa hujan deras yang turun sejak Jumat (20/1) menimbulkan banjir di 12 wilayah kecamatan sejak Sabtu (21/1) pagi. Menurut BPBD, banjir melanda Kecamatan Pidie, Kota Sigli, Mutiara Barat, Mutiara Timur, Glumpang Baro, Padang Tiji, Sakti, Tangse, Titue, Keumala, Delima, dan Indrajaya.

Mensos keluarkan larangan mengeksploitasi lansia untuk mengemis

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengeluarkan surat edaran ditujukan kepada pemerintah daerah untuk melarang eksploitasi warga lanjut usia (lansia) menyusul maraknya aksi memanfaatkan warga lansia mengemis di sosial media.

Barongsai hingga Wayang Potehi sambut Imlek di Surabaya

Serangkaian pertunjukan seni dan budaya mulai dari Barongsai, Leang Leong, hingga Wayang Potehi digelar di Gedung Balai Budaya dan Alun-Alun Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2023.

Psikolog UI jelaskan dampak positif lato-lato

Psikolog Klinis Anak yang juga dosen di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Efriyani Djuwita mengatakan bahwa permainan lato-lato dapat menimbulkan emosi positif, seperti memacu diri untuk menguasai suatu keahlian.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023