Jakarta (ANTARA) - Bangsawan Kerajaan Arab Saudi Syekh Ibrahim Al-Subaie menyambut baik upaya Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan untuk meningkatkan nilai dagang antara Indonesia dengan Arab Saudi.

"Saya menyambut baik, antusias, dan sangat positif atas upaya ekstra Mendag Indonesia untuk meningkatkan nilai dagang antara Arab Saudi dan Indonesia," kata bangsawan Kerajaan Arab Saudi Syekh Ibrahim Al-Subaie melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut disampaikan di sela-sela kunjungan kerja Mendag Zulkifli Hasan ke Kerajaan Arab Saudi sekaligus menghadiri jamuan makan malam Pemilik Bank Al-Bilad tersebut.

Ia mengatakan Kerajaan Arab Saudi terus memantau perkembangan yang dilakukan Mendag Indonesia, termasuk langkah-langkah extraordinary yang akan dan telah dilakukan.

Baca juga: Mendag: Surplus neraca perdagangan 2022 cetak rekor tertinggi
Baca juga: Mendag: Indonesia miliki kerja sama perdagangan dengan sejumlah negara


"Kami komunitas bisnis di sini menyambut dengan penuh optimisme," ujar Syekh Ibrahim.

Sementara itu, Mendag RI Zulkifli Hasan mengatakan selama ini hubungan Indonesia dengan Arab Saudi sangat dekat dan erat. Mantan Ketua MPR RI tersebut berharap kerja sama ekonomi, khususnya sektor perdagangan kedua negara terus terjalin dengan baik

Pria yang akrab disapa Zulhas tersebut mengatakan dengan adanya gerai modern di Arab Saudi, maka upaya pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia untuk memasarkan produk akan semakin mudah.

"Ini tentunya akan mendorong kinerja ekspor nasional," ujar dia.

Zulhas dan rombongan Kementerian Perdagangan direncanakan berada di Arab Saudi hingga Senin (23/1) 2023 untuk menjalankan misi dagang berskala besar. Rencananya Indonesia membuka ritel modern di Arab Saudi agar bisa memperluas daya jangkau perdagangan Indonesia di wilayah itu, termasuk soal tenaga kerja maupun jemaah umrah dan haji.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023