setiap perayaan hari raya keagamaan akan dilalukan pemasangan berbagai atribut keagamaan
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang bersama paguyuban etnis Tionghoa di Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur memasang berbagai lampion sepanjang ruas jalan El Tari dalam memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2574.

"Pemasangan lampion dalam rangka perayaan Imlek sama seperti pemasangan pohon Natal di sepanjang Jalan El Tari saat Natal 25 Desember 2022 lalu. Pada setiap perayaan hari raya keagamaan akan dilalukan pemasangan berbagai atribut keagamaan sepanjang jalan itu," kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh di Kupang, Minggu.

Ia mengatakan pemasangan berbagai atribut dalam rangka perayaan hari raya keagamaan telah membuat Kota Kupang memiliki karakter tersendiri sebagai kota toleran.

Diakuinya meskipun dengan persiapan yang tidak begitu lama, pemasangan Pohon Natal telah menimbulkan image positif tentang Kota Kupang sebagai kota yang menjunjung tinggi terhadap nilai-nilai toleransi.

Dia berharap spirit yang sama terus ada dalam perayaan hari-hari besar keagamaan lainnya di daerah itu.

George Melkianus Hadjoh mendukung terhadap rencana pagelaran atraksi budaya oleh Paguyuban Tionghoa.

Dia berharap atraksi budaya semacam ini bisa secara rutin diselenggarakan dan masuk dalam agenda kalender tahunan di masing-masing kelurahan yang dilakukan menjelang perayaan hari raya keagamaan.

Baca juga: Delapan tradisi Imlek dan penjelasan maknanya
Baca juga: Merawat keberagaman lewat momentum Imlek

Sementara itu Ketua Paguyuban Tionghoa INTI NTT, Theo Widodo mengakui ide pemasangan lampion di jalur utama Jalan El Tari merupakan inisiatif Penjabat Wali Kota Kupang, George Melkianus Hadjoh yang menjadi bukti kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakatnya.

Menurutnya warga Kota Kupang etnis Tionghoa yang diwakili tiga paguyuban menyambut baik tawaran tersebut, karena Imlek merupakan perayaan bersama untuk mensyukuri tahun baru yang dirayakan dengan berbagai kegiatan termasuk pemasangan lampion.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Kupang, Fransisco Bernando Bessi, menambahkan pemasangan lampion pada 20 titik tiang lampu masing-masing tiang dipasang tiga lampion di sepanjang jalan El Tari tepatnya dari depan Kantor Gubernur NTT hingga ujung Rumah Jabatan Gubernur NTT.

Dia mengatakan sesuai rencana pada tanggal 28 Januari mendatang akan digelar atraksi budaya bernuansa Imlek termasuk pertunjukan barongsai di arena car free day Jalan El Tari Kupang.

Baca juga: Atraksi Barongsai meriahkan perayaan imlek di Maluku City Mall Ambon

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023