Jakarta (ANTARA) - Mantan astronot Amerika Serikat Buzz Aldrin baru-baru ini menikah bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-93.

"Pada ulang tahun saya yang ke-93... Dengan senang hati saya mengumumkan bahwa kekasih sejak lama Dr. Anca Faur dan saya sudah menikah," cuit Buzz Aldrin pada Jumat (20/1).

Buzz Aldrin adalah manusia kedua yang berjalan di permukaan bulan lebih dari setengah abad yang lalu. Reuters, Minggu (22/1) melaporkan dia menjejakkan kaki di bulan 20 menit setelah Neil Armstrong.

Aldrin dan Armstrong berjalan di bulan pada 20 Juli 1969 dalam misi Apollo 11 dari lembaga antariksa AS NASA.

Faur, 63, adalah seorang doktor dalam bidang teknik kimia. Dia menjabat sebagai wakil direktur di Buzz Aldrin Ventures selama empat tahun belakangan.

"Kami menikah dalam upacara pribadi kecil-kecilan di Los Angeles dan sama senangnya, seperti remaja yang kawin lari," canda Aldrin menceritakan pernikahannya.

Popularitas seketika menghinggapi Aldrin sepulang dia dari luar angkasa. Aldrin, yang juga mantan pilot pesawat tempur, sempat mengalami kecanduan alkohol dan depresi akibat popularitas itu.

Dia berhasil menghadapi tantangan itu dan pada akhirnya tampil di hadapan publik. Aldrin menulis setidaknya sembilan buku dan aktif dalam program eksplorasi manusia ke luar angkasa.



Baca juga: Jaket astronaut Buzz Aldrin saat ke bulan terjual Rp40 M

Baca juga: Foto astronaut Buzz Aldrin di bulan dilelang puluhan juta rupiah

Baca juga: Astronot Apollo 11 Buzz Aldrin keluhkan kemampuan AS saat ini ke Bulan

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023