Banjarmasin (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Selatan melaporkan tinggal tiga daerah dari 13 kabupaten/kota di provinsi tersebut yang pasien COVID-19 masih dirawat hingga Senin hari ini.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan DR Diauddin di Banjarmasin, Senin, membenarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kalsel, karena sebanyak sembilan pasien COVID-19 yang saat ini masih dirawat di tiga daerah tersebut.

Pasien COVID-19 yang dirawat terbanyak di Kota Banjarmasin sebanyak lima orang, Kota Banjabaru sebanyak tiga orang dan Kabupaten Tanah Laut satu orang.

Sementara itu, untuk sepuluh kabupaten sudah nihil pasien COVID-19, yakni, Kotabaru, Tanah Bumbu, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara.

Baca juga: PMI: Kebutuhan darah di Kalsel capai 140 ribu kantong per tahun

Baca juga: Tujuh kabupaten/kota di Kalsel sudah nihil pasien COVID-19


Selanjutnya, Kabupaten Tabalong, Balangan dan Barito Kuala.

"Hari ini tidak ada penambahan pasien COVID-19 di daerah kita," ujar Diauddin.

Menurut dia, sesuai data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kalsel, bahwa total penularan COVID-19 selama pandemi ditetapkan Maret 2020 sebanyak 88.922 orang.

Sementara itu total pasien sembuh sebanyak 86.314 orang, sedangkan total meninggal dunia sebanyak 2.599 orang.

Sehingga, persentase kesembuhan pasien COVID-19 hingga kini 97,07 persen, yang masih dirawat 0,01 persen dan meninggal dunia 2,92 persen.

"Kita bersyukur kasus COVID-19 di daerah kita pada Januari 2023 ini sudah sangat landai," ucap Diauddin.

Dia pun meminta agar semua tetap waspada, tetap menjalankan protokol kesehatan, meski tidak ada lagi aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Karena pandemi COVID-19 belum dicabut, bagi yang belum vaksinasi agar segera, apalagi vaksin booster bagi umum sudah dibuka," tuturnya.

Untuk capaian vaksinasi COVID-19 di Kalsel hingga kini, untuk dosis pertama 84,54 persen, dosis kedua 68,85 persen dan dosis ketiga atau booster 24,63 persen dari sekitar 3 juta target.*

Baca juga: Kesembuhan COVID-19 di Kalsel naik hingga di angka 96,92 persen

Baca juga: Sebanyak 52 pasien COVID-19 di Kalsel sembuh


Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023